Terkenal Khasiatnya, Inilah 8 Madu Asli Khas Indonesia – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Terkenal Khasiatnya, Inilah 8 Madu Asli Khas Indonesia – Islampos

Terbit 16 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Kesehatan / madu
Terkenal Khasiatnya, Inilah 8 Madu Asli Khas Indonesia – Islampos


MADU, bahan makanan yang dihasilkan lebah ini pastinya sudah dikenal dan tak diragukan lagi kandungan gizi dan khasiatnya. Madu diketahui bermanfaat untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti kesehatan, perawatan kecantikan, bahan makanan, dan lain-lain.

Memiliki banyak keutamaan, madu bahkan disebutkan sebagai salah satu surat dalam Alquran, yakni An-Nahl. Konsumsi madu pun dipercaya muslim sebagai asupan yang baik bagi tubuh.

Madu itu sendiri ada beragam jenisnya, bergantung pada sari bunga dan lebah penghisap yang menghasilkannya. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis madu terbaik dan terkenal.

1 Madu karet

Jenis madu pertama adalah madu bunga karet. Sesuai namanya, madu ini dihasilkan dari para lebah madu yang menghisap dari nektar bunga karet. Jika disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, madu ini akan mengkristal.

Madu bunga karet ternyata terkenal berkhasiat membantu mengobati beberapa penyakit seperti gatal-gatal, alergi, keputihan pada wanita, luka bakar, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

2 Madu kopi

Madu ini berasal dari bunga kopi yang dihisap oleh para lebah madu. Jadi, bukan madu dicampur kopi, ya! Secara fisik, madu kopi tidak sejernih madu yang dihasilkan dari bunga karet.

Madu ini terkenal memiliki aroma yang sedap dan sering digunakan untuk masak ataupun sebagai minuman. Bagi manfaat kesehatan, jenis madu ini sering dipakai untuk mengatasi masalah nafsu makan, insomnia, memperlancar sirkulasi darah, menambah daya tahan tubuh, hingga dioleskan ke luka bakar supaya cepat sembuh.

3 Madu kapuk randu

Madu berwarna cokelat muda dan lumayan bening ini dihasilkan dari bunga kapuk randu. Rasanya manis namun juga agak asam. Terkadang, sering dipakai untuk masker wajah. Selain itu, madu ini juga berkhasiat mengatasi sariawan, mengobati luka bakar, memperlancar fungsi otak, serta membantu meningkatkan sistem imun. Karena manfaatnya yang beragam, madu ini cukup dianjurkan untuk dikonsumsi oleh balita dan orang dewasa.

4 Madu lengkeng

Madu lengkeng atau madu kelengkeng memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Yaitu, memperkuat sistem daya tahan tubuh, fungsi ginjal serta otak, mengobati sakit pinggang, luka bakar, hingga mempercepat pemulihan luka operasi. Warnanya kuning dan jernih. Aromanya pun cukup nikmat. Sayangnya, jenis madu ini cukup terbatas karena hanya muncul di musim kelengkeng saja.

5 Madu kaliandra

Madu dengan rasa manis yang khas in berasal dari nektar bunga kaliandra dan memiliki nama lain, yaitu madu kuning. Disebut madu kuning karena secara fisik, warnanya terlihat kuning.

Manfaatnya bagi tubuh seperti membantu meningkatkan hormon, daya tahan tubuh, memperlancar buang air besar, hingga mengobati darah rendah atau darah tinggi, serta luka bakar. Meminum madu kaliandra juga dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia.

6 Madu hutan Sumatera

Madu ini berasal dari hutan Sumatera. Manfaatnya bagi kesehatan cukup beragam karena mampu berperan sebagai antibakteri, antibiotika, serta antiseptik alami, sehingga dapat meredakan sakit kepala, kejang, flu, hingga diare. Sayangnya, banyak pemalsuan madu hutan Sumatera sehingga saat membeli, usahakan selalu mengecek keasliannya.

7 Madu rambutan

Madu rambutan juga memiliki dampak positif bagi tubuh karena sanggup memperlancar buang air kecil, meningkatkan kemampuan otak, sistem imun, hingga membantu meredakan demam, batuk dan asma. Dihasilkan dari perkebunan rambutan, jenis madu ini juga memiliki sedikit aroma dari rambutan. Warnanya kekuningan dan rasanya tidak terlalu manis.

8 Madu klanceng

Madu klanceng memiliki banyak khasiat yang sangat baik bagi kesehatan, namun masih belum begitu banyak diproduksi sehingga harganya biasanya mahal. Rasanya manis, namun agak pahit. Jenis madu ini biasanya dihasilkan dari berbagai jenis bunga.

Lalu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Mulai dari pengganti insulin dalam tubuh, membantu menormalkan kadar gula, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, mencegah stroke, kanker, dan infeksi, serta cocok bagi para penderita diabetes melitus. []

SUMBER: STOQO



Source link

SebelumnyaSuami yang Pengertian – Islampos SesudahnyaSaat Umar bin Abdul Aziz Pecat Semua Gubernur dan Pejabat

Berita Lainnya

0 Komentar