Terbukti secara Ilmiah Mampu Meningkatkan Fungsi Otak, Inilah 8 Khasiat Daun Pegagan
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Terbukti secara Ilmiah Mampu Meningkatkan Fungsi Otak, Inilah 8 Khasiat Daun Pegagan

Terbit 10 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Centella asiatica / daun pegagan / daya ingat / Hadits / kecerdasan / Kesehatan / manfaat / Otak


INGIN meningkatkan daya ingat atau menghindari pikun? Ada ramuan herbal terpercaya yang dapat dimanfaatkan, yakni daun pegagan.

Daun pegagan  atau Centella asiatica, sudah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak zaman dulu. Tanaman liar ini sering digunakan oleh orang-orang Asia dalam pengobatan tradisional China dan pengobatan Ayurveda.

Manfaat daun pegagan dalam kedua pengobatan tradisonal tersebut adalah sebagai antimikroba, antiinflamasi, antidiabetes, antidepresan, dan meningkatkan daya ingat.

Para ilmuwan juga telah melakukan beberapa riset mengenai manfaat daun pegagan untuk mencoba membuktikan klaim tentang khasiat pengobatannya. Hasilnya memang terbukti secara ilmiah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjadikannya sebagai obat.

BACA JUGA: Daun Sirih, Ini Manfaatnya Buat Kecantikan

Salah satu klaim yang dipercaya dari khasiat daun pegagan adalah mampu meningkatkan kecerdasan. Dengan kandungan omega yang tinggi, daun ini dipercaya mampu menguatkan saraf otak dan membuat konsentrasi semakin tinggi sehingga otak mampu mengingat dengan baik.

Oleh karena itu, daun pegagan juga kerap digunakan sebagai suplemen kesehatan untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat, termasuk suplemen untuk membantu anak mengatasi speech delay atau keterlambatan bicara.

Memang semua klaim mengenai khasiat daun pegagan telah diakui secara ilmiah. Namun, baru sedikit saja yang sudah dikaji oleh para ilmuwan.

Nah, Khasiat daun pegagan tersebut antara lain:

Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat

Manfaat daun pegagan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi gangguan suasana hati dan meningkatkan daya ingat sudah dipraktikkan dalam pengobatan tradisonal sejak lama.

Meskipun hasil dari beberapa penelitian ilmiah belum bisa sepenuhnya mendukung klaim tersebut, ada bukti-bukti bahwa daun pegagan punya manfaat langsung dan tidak langsung terhadap kesehatan otak.

Daun pegagan diduga bisa memengaruhi kemampuan kognitif dan memori secara tidak langsung. Pasalnya, tanaman ini memang memiliki efek meningkatkan kewaspadaan yang kemudian bisa meningkatkan kemampuan memori jangka pendek.

Memperbaiki suasana hati dan mengatasi depresi

Manfaat daun pegagan nampaknya memiliki efek mengurangi gangguan kecemasan dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA). Kandungan asam asiatat dalam tanaman ini diperkirakan menjadi pemicu efek pada GABA tersebut.

Khasiat asam asiatat dalam daun pegagan memengaruhi penyerapan GABA oleh otak. Hal ini menjadikan daun pegagan berpotensi menjadi obat herbal untuk mengatasi gangguan kecemasan, insomnia, dan depresi tanpa efek sedatif seberat obat-obatan kimia. Contohnya, zolpidem dan barbiturate.

Meski demikian, manfaat daun pegagan di atas masih membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut.

Memperbaiki sirkulasi darah

Manfaat daun pegagan selanjutnya adalah memperbaiki sirkulasi darah. Berdasarkan penelitian, ada sejumlah bukti mengenai manfaat daun pegagan untuk memperbaiki sirkulasi darah bagi penderita chronic venous insufficiency (CVI). Penyakit ini adalah gangguan pada pembuluh vena di kaki, sehingga terjadi mengalami masalah dalam mengalirkan darah kembali ke jantung.

Sebuah riset di Malaysia menyimpulkan bahwa kelompok lanjut usia yang diobati dengan daun pegagan menunjukkan perbaikan yang signifikan dari gejala CVI. Contohnya, rasa sakit dan edema yang berkurang dan kaki tidak lagi terasa berat.

Efek tersebut diduga berkaitan dengan kandungan senyawa kimia triterpene pada daun pegagan. Senyawa ini menstimulasi produksi cardiac glycoside yang meningkatkan daya pompa jantung dan frekuensi kontraksinya.
Beberapa studi lain juga menemukan bahwa daun pegagan membantu stabilisasi plak lemak di dinding pembuluh darah, sehingga mencegah lepasnya plak yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Menyamarkan stretchmark dan menyembuhkan luka

Menurut penelitian ilmiah tahun 2013, manfaat daun pegagan berkhasiat menyamarkan penampakan strechmark di kulit. Kandungan terpenoid dalam tanaman ini diduga bisa meningkatkan produksi kolagen oleh tubuh.
Berkat itulah, daun pegagan diyakini mampu mencegah timbulnya stretchmark baru, sekaligus memperbaiki penampilan kulit dengan menyamarkan stretchmark yang sudah ada.

Riset lain juga menemukan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek positif dalam mempercepat penyembuhan luka, untuk beberapa jenis. Misalnya, luka akibat beda tajam, luka sobek tak beraturan akibat benturan, dan luka yang terinfeksi.

Para penggemar skincare mungkin tak asing lagi dengan manfaat daun pegagan untuk luka ini. Pasalnya, cica cream yang mengandung centella asiatica belakangan ini kerap diminati karena manfaatnya dalam menyembuhkan luka, khususnya jerawat.

Membantu dalam meredakan sakit persendian

Khasiat antiradang dari manfaat pegagan diduga bisa membantu mengatasi artritis. Sebuah studi terhadap tikus di laboratorium menemukan bukti bahwa pemberian tanaman ini bisa mengurangi radang sendi maupun erosi tulang rawan dan tulang.

Kandungan antioksidan dalam daun pegagan juga berpengaruh positif terhadap imunitas tubuh, sehingga mengurangi inflamasi.

Berpotensi memiliki sifat detoks

Menurut sebuah studi pada hewan, manfaat pegagan dipercaya dapat meredakan efek samping dari obat antibiotik bernama isoniazid. Biasanya, isoniazid digunakan untuk mengatasi dan mencegah tuberkulosis.
Dalam studi itu, hewan uji diberikan 100 miligram daun pegagan selama 30 hari sebelum akhirnya mereka diberikan isoniazid. Hasilnya, efek samping dari antibiotik isonizaid dapat diredakan.

Namun ingat, belum ada penelitian pada manusia yang dapat membuktikan manfaat pegagan yang satu ini. Maka dari itu, jangan pernah mencobanya sebelum berkonsultasi pada dokter.

Mengatasi insomnia

Karena daun pegagan dipercaya bisa mengatasi gangguan cemas, stres dan depresi, banyak orang yang menganggap kalau manfaat pegagan bisa mengatasi insomnia.

Sebuah studi juga sudah membuktikan manfaat pegagan dalam mengatasi gangguan tidur. Namun, studi terbaru masih diperlukan untuk membuktikan efektivitasnya.

Berpotensi meredakan gejala Alzheimer

Manfaat pegagan selanjutnya ialah meredakan gejala penyakit Alzheimer. Ekstrak daun pegagan terbukti bisa menjaga sel otak dari racun yang bisa menyebabkan munculnya plak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkuat klaim ini.

Pegagan juga dipercaya bisa mencegah kepikunan karena mengandung senyawa Asiatic acid sebagai zat untuk meregenerasi saraf rusak. []

SUMBER: FARMASETIKA | SEHATQ



Source link

SebelumnyaBiar Kelihatan Tirus, Inilah Tips Berhijab Buat Pemilik Pipi Chubby SesudahnyaMie Ayam – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar