Tak Terbayangkan, Inilah Fakta Unik tentang Tidur Hewan-Hewan
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Tak Terbayangkan, Inilah Fakta Unik tentang Tidur Hewan-Hewan

Terbit 13 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : fakta / Hadits / hewan / Tahukah Anda / tidur / unik


TIDUR adalah salah satu tanda kekuasaan Allah terhadap makhluk-Nya di alam semesta ini. Ada beberapa ayat dalam Alquran yang menyebutkan hal itu.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS Ar Rum: 23)

“Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (QS Al Furqan: 47)

“Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS An Naml: 86)

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan.” (QS An Naba: 9-11)

Imam Ibn Katsir berkata, “ Di antara tanda-tandanya adalah yang telah diciptakan untukmu dari tidur pada malam dan siang hari, di mana kamu mendapatkan istirahat dan ketenangan, dan kelelahan serta kelelahan hilang; dan kewaspadaan dan perjuangan untuk mata pencaharian seseorang telah ditetapkan pada siang hari.”

Berkah tidur meluas ke semua makhluk hidup, termasuk burung dan hewan lainnya.

BACA JUGA: Qailulah, Tidur Siang yang Berkualitas dan Bermanfaat sesuai Sunah

Burung

Pernahkah kita bertanya-tanya bagaimana burung bisa tidur nyenyak semalaman sambil berpegangan pada tempat bertengger atau dahannya tanpa terjatuh?

Hal itu mungkin jadi sesuatu yang tak terbayangkan bagi manusia. Itu karena urat di kaki burung yang menggenggam seperti burung bertengger dan raptor. Sepasang tendon di punggung yang disebut fleksor digitorum longus dan fleksor halusis longus, terhubung ke otot fleksor dalam di kaki. Digitorum bercabang dan bekerja dengan tiga jari di depan, sedangkan halusis bekerja di belakang, yang dikenal sebagai hallux.

Keduanya meregang di atas pergelangan kaki, dan saat burung mendarat dan pergelangan kaki menekuk, ini memaksa kedua tendon untuk secara otomatis menarik, sehingga jari-jari kaki menutup. Selama pergelangan kaki ditekuk, tendon dan jari kaki terkunci pada tempatnya. Ini memberi burung yang bertengger cengkeraman kuat yang bertahan bahkan saat tidur.

Menariknya, burung yang tidur di tanah memiliki fitur luar biasa yang membuat mereka tetap aman saat tidur. mereka tidur dengan satu mata terbuka berkat fenomena yang disebut tidur gelombang lambat unihemispheric. Burung tertentu seperti bebek mallard bahkan dapat menjaga setengah dari otak mereka (dan mata yang sesuai) tetap waspada sambil membiarkan separuh lainnya untuk istirahat.

Yang lebih menakjubkan adalah burung-burung ini saling menjaga saat istirahat di malam hari. Mereka tidur berurutan, dengan bebek di ujungnya menutup mata di samping tetangga mereka, tetapi tetap menjaga mata yang menghadapi potensi bahaya agar tetap terbuka,

Hewan laut

Seperti halnya burung, berang-berang laut membawa konsep tersebut ke tingkat yang benar-benar baru dan “berpegangan tangan” saat tidur agar tidak terlepas.

Beberapa hewan lain seperti lumba-lumba dan paus sering tidur dengan satu mata terbuka agar tidak dimakan hiu. Kemampuan untuk tetap sadar sebagian juga memungkinkan mereka untuk terus menghirup udara saat tidur. Lumba-lumba secara khusus diketahui membuat separuh otaknya tertidur, sementara separuh lainnya masih dalam keadaan sadar dan berfungsi.

BACA JUGA: Peneliti Ungkap Fakta Mengejutkan Seputar Tidur (2-Habis)

Mereka kemudian bergantian setiap sisi untuk tidur secara berkala dan dapat bertahan dalam keadaan ini selama hampir delapan jam sehari. Mereka cukup sadar untuk mengontrol pernapasan mereka dan secara berkala berenang ke permukaan dan menghirup udara, sambil tetap memberikan otak mereka istirahat yang dibutuhkannya.

Hiu putih besar tidur sambil menghadapi arus, sehingga pergerakan air terus mengalir di atas insangnya, mengalirkan oksigen.

Hiu lain memiliki lubang seperti lubang hidung di dekat mata mereka yang disebut spirakel, yang mendorong air melewati insang mereka saat mereka diam.

Tanda-tanda Allah ada di sekitar kita, di dalam diri kita dan dalam ciptaan di sekitar kita.  Jika saja kita benar-benar membuka mata untuk mengamatinya, maka kita akan benar-benar melihat rahmat dan keagungan Allah di sana.

“Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.” (QS Al An’am: 38) []

SUMBER: MUSLIMINK



Source link

SebelumnyaAbdul Qadir bin Muhyiddin al-Hasani, Pahlawan Muslim Aljazair yang Dihormati Dunia SesudahnyaCiptakan Hubungan Harmonis dengan Pasangan, Jaga 4F+1P Ini

Berita Lainnya

0 Komentar