Taat pada Perintah Orangtua – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Taat pada Perintah Orangtua – Islampos

Terbit 30 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : baik / Hadits / orangtua / Parenting / Taat
Taat pada Perintah Orangtua – Islampos


KITA sudah mengetahui bahwa taat kepada orang tua adalah suatu kewajiban pada anak. Namun hal ini tidak berlaku mutlak. Ketaatan pada keduanya mesti diselaraskan dengan kesesuaian pada perintah Allah dan Rasul-Nya.

Jika orang tua menyuruh kita untuk meninggalkan shalat, tentu tidak boleh ditaati. Begitu pula ketika orang tua menyuruh untuk mencopot jilbab. Karena semua itu adalah hak Allah yang mesti didahulukan daripada ketaatan pada orang tua.

Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak ada ketaatan dalam melakukan maksiat. Sesungguhnya ketaatan hanya dalam melakukan kebajikan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: Ketika Meninggalkan Maksiat Bukan karena Allah

Dari Ibnu Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Mendengar dan taat pada seorang muslim pada apa yang dia sukai atau benci selama tidak diperintahkan untuk bermaksiat. Apabila diperintahkan untuk bermaksiat, maka tidak ada mendengar dan taat.” (HR. Bukhari no. 7144)

Rasulullah SAW bersabda,

“Tatatilah ayahmu selama dia hidup dan selama tidak diperinahkan untuk bermaksiat.” (HR. Ahmad. Dikatakan oleh Syu’aib Al Arnauth bahwa sanadnya hasan). []

SUMBER: REMAJAISLAM



Source link

SebelumnyaInilah Fakta Pohon Labu yang Allah Berikan kepada Nabi Yunus SesudahnyaAyat Alkitab Ungkap soal Sujud, Gerakan Shalat yang Diajarkan dalam Islam – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar