Sudah Bersedekah, tapi Tak Diajak Bicara oleh Allah, Kenapa?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Sudah Bersedekah, tapi Tak Diajak Bicara oleh Allah, Kenapa?

Terbit 22 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Keajaiban Sedekah / mengungkit pemberian / mengungkit sedekah / sedekah


MAUKAH kamu tidak diajak bicara oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala? Tentu, tidak bukan? Ya, di akhirat kelak melihat dan berbicara dengan Allah adalah nikmat yang luar biasa. Tetapi, untuk bisa memperoleh ini tidaklah mudah. Kita harus melakukan hal yang diajarkan oleh-Nya. Salah satunya dengan cara bersedekah.

Tetapi, tahukah kamu, orang yang bersedekah ternyata ada yang tidak diajak bicara oleh Allah? Bahkan, orang tersebut tidak bisa tinggal di surga. Lantas, orang yang melakukan apakah itu? Padahal dirinya sudah bersedekah.

BACA JUGA: Murka Allah pada Hamba-Nya Terdapat dalam 3 Hal Ini

Balasan yang pedih tersebut akan diterima oleh mereka yang suka mengungkit-ungkit sedekah atau pemberiannya kepada orang lain.

Dari Abu Dzarr dari Rasulullah ﷺ bahwa beliau bersabda, “Tiga macam orang yang Allah tidak akan mengajak mereka bicara pada hari kiamat, tidak melihat mereka, tidak menyucikan mereka dan bagi mereka adzab yang pedih.” Rasulullah mengulangi perkataan itu tiga kali. Abu Dzarr berkata, “Celaka dan merugilah mereka, siapakah mereka wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Orang yang memanjangkan celana atau kainnya melebihi mata kaki, mannan (orang yang mengunkit-ungkit pemberian) dan orang yang menjajakan dagangannya dangan sumpah palsu,” (HR. Muslim 106).

Hadits di atas menjelaskan bahwa orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian akan mendapatkan hal yang sangat mengerikan di akhirat kelak. Allah tidak akan berbicara kepada mereka apalagi menyucikan mereka, dan yang lebih parah adalah mereka akan langsung mendapatkan siksa yang pedih.

Bahkan, Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian termasuk ke dalam golongan orang yang tidak akan masuk ke dalam surga saat di akhirat kelak sekalipun ia adalah seorang ahli ibadah.

BACA JUGA: Sedekah Perasaan

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak masuk surga anak zina, mannan (orang yang mengungkit-ungkit pemberian), anak yang durhaka terhadap orang tuanya dan pecandu khamr (minuman keras),” (Hasan, HR. Ahmad [II/203], ad-Darimi [II/112], Ibnu Hibban [3383]).

Itulah balasan yang akan diperoleh bagi orang yang gemar bersedekah akan tetapi juga masih mengungkit-ungkit pemberiannya. Selain balasan di atas, perbuatan yang demikian ini juga dapat menimbulkan permusuhan antar manusia.

Oleh sebab itu, apabila hendak memberikan sesuatu hendaknya dengan hati yang ikhlas karena Allah. Hal ini bertujuan agar kita terhindar dari bahaya-bahaya yang dapat menjerumuskan diri ke dalam neraka. []

Sumber: www.infoyunik.com



Source link

SebelumnyaIbu Disebutkan 3 Kali daripada Ayah, Kenapa? SesudahnyaBagaimana sih, Mencuci Apel yang Benar?

Berita Lainnya

0 Komentar