Siwak, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Gigi dan Mulut
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Siwak, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Terbit 22 July 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Kesehatan / siwak
Siwak, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Gigi dan Mulut


1 Menguatkan Gigi

Siwak memiliki kandungan essential oil alami yang membantu menguatkan gigi sekaligus menjadi pencegahan alami untuk gigi berlubang. Dalam mulut, Anda memproduksi air liur yang peranannya sebagai penyeimbang pH. Ketika Anda mengunyah siwak, otomatis produksi air liur akan bertambah.

2 Menyegarkan Napas

Masalah bau mulut bukan hanya mengganggu untuk Anda, namun juga bagi orang lain. Siwak memiliki kandungan antibakteri alami yang berperan untuk menyegarkan napas. Konon, produk penyegar mulut menggunakan siwak dan daun mint untuk menyegarkan napas.

3 Mencegah Plak

Plak bisa terjadi karena terlalu banyak makan manis atau tidak rajin membersihkan gigi. Manfaat siwak bagi kesehatan gigi adalah Anda bisa membuat gangguan plak tersebut tidak muncul. Jika tidak dibersihkan dengan benar, plak yang ada di sela-sela gigi dapat menimbulkan kerusakan pada gigi.

4 Melindungi Gusi

Kesehatan gigi dan mulut bukan hanya mencakup dua hal, namun juga ada unsur lain seperti gusi yang sering terlupakan. Efeknya, tidak sedikit orang yang bermasalah dengan gusi bengkak atau gangguan sariawan. Siwak bisa menjadi pencegahan alami terhadap ancaman radang pada gusi.

Cara Menggunakan Siwak

Sekarang Anda sudah tahu manfaat siwak bagi kesehatan gigi, namun bagaimana dengan cara menggunakannya? mudah, sebelum mengunyah siwak, pastikan Anda sudah berkumur-kumur, siwak sudah dicuci di bawah air mengalir, dan bagian ujung siwak lebih dulu dipotong untuk mengeluarkan seratnya.

Jika semuanya sudah dipersiapkan maka Anda bisa mengunyah siwak tersebut hingga muncul bulu halus. Ketika bulu-bulu halus sudah muncul, Anda tinggal menggosok-gosokan siwak pada gigi selayaknya penggunaan sikat gigi biasa. Lakukan tanpa menggunakan pasta gigi.

Ada aturan untuk menggunakan siwak, yakni Anda tidak diperkenankan menggunakan siwak dengan jarak dekat antara gigi dengan gusi atau antara gigi dengan dinding dalam pipi. Hal yang perlu diketahui berikutnya adalah saturasi siwak dengan air selama 8 jam jika siwak sudah mengering.

BACA JUGA: Dampak Miras bagi Kesehatan Mental, Kenali

Menggunakan siwak tidak perlu setiap hari, Anda bisa mengulangi pemakaian dari kondisi siwak yang baru dengan jangka waktu 3 hingga 5 hari saja. Jangan lupa untuk menggerakan siwak dari atas ke bawah dan sebaliknya agar proses pembersihan gigi dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Kenapa siwak tidak dianjurkan digunakan setiap hari? terlalu bahaya karena terlalu sering menggunakan siwak justru menyebabkan resesi pada gusi. Jadi, gunakan siwak sebagaimana mestinya untuk membersihkan area gigi serta mulut.

Tertarik untuk mencoba cara nabi demi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan alami, banyak manfaat siwak bagi kesehatan gigi yang bisa Anda dapatkan. []

Penulis: Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis yang mengabdi memberikan pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, aktif juga berbagi informasi kesehatan melalui blog DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id.

 



Source link

SebelumnyaHendak Berkurban tapi Potong Kuku saat Masuk Zulhijjah, Bagaimana? SesudahnyaAyah Buatkan Anaknya Jas Hujan dari Plastik Sampah, Kisahnya Viral

Berita Lainnya

0 Komentar