Sepanjang Sejarah Islam, Ibadah Haji Tidak Pernah Berhenti – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Sepanjang Sejarah Islam, Ibadah Haji Tidak Pernah Berhenti – Islampos

Terbit 30 July 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / haji / penelitian / Sejarah
Sepanjang Sejarah Islam, Ibadah Haji Tidak Pernah Berhenti – Islampos


ARAB SAUDI–Hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Penjaga Dua Masjid Suci untuk Penelitian Haji dan Umrah di Universitas Umm Al-Qura baru-baru ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tidak pernah terganggu atau ditangguhkan sepanjang sejarah Islam. Penelitian tersebut sampai pada kesimpulan ini setelah memperhitungkan lebih dari 40 referensi ilmiah dan sumber dari seluruh sejarah Islam.

Dalam penelitian disebutkan, tidak ada satu pun jamaah yang terhenti atau terputus sama sekali dalam periode waktu mana pun dalam sejarah Islam. Namun, memang ada beberapa kendala parsial di sebagian negara dan masalah epidemi dan kesehatan atau keamanan sehingga, menyebabkan beberapa jamaah tidak bisa menunaikan haji. Sementara itu, sisa jamaah lainnya tetap dapat melakukan ibadah haji tanpa gangguan.

BACA JUGA: Inilah Gambaran Mengagumkan Ibadah Haji 700 Tahun Lalu

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (29/7/2020), studi ilmiah itu dilakukan oleh wakil presiden dari institut tersebut, Aiman Al-Safri. Ia menekankan, haji adalah salah satu ibadah wajib yang kelancarannya merupakan kewajiban sosial yang umum dari umat Muslim. Maka, pelaksanaan haji oleh sebagian umat dapat dikatakan cukup.

Al-Safri lantas menarik perhatian pada peristiwa-peristiwa yang dicatat oleh sejarawan selama berabad-abad tentang kesulitan dan hambatan yang dihadapi jamaah selama haji ke Mekah. Hambatan itu termasuk wabah, perang, hujan lebat, banjir, kelaparan, dan ketidakamanan sosial.

;Sejumlah kesulitan demikian telah menghambat jamaah dari beberapa negara untuk mencapai Mekah dan melakukan ibadah haji sepanjang zaman. Namun, semua hambatan dan tragedi itu tidak pernah menghentikan penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya dalam sejarah.

BACA JUGA: 10 Makanan Khas Arab yang Wajib Dicicipi Jemaah Haji (1)

Penelitian ini juga menarik perhatian pada peran penting yang dimainkan orang-orang Mekah dalam memastikan keberlanjutan haji di tahun-tahun di mana jamaah dari beberapa negara tidak dapat mencapai Mekah untuk melaksanakan haji. Studi ilmiah ini juga memberikan kepentingan luar biasa pada keputusan pemerintah Arab Saudi untuk mengadakan ibadah haji di tengah situasi pandemi virus corona.

Keputusan ini menunjukkan tekad pemerintah Arab Saudi untuk tidak membiarkan kelancaran ibadah haji terganggu. Dalam hal ini, penelitian itu menunjukkan pemerintah Arab Saudi berupaya memenuhi dua kepentingan besar syariah, yakni menyelenggarakan ibadah haji tanpa gangguan dan memastikan keselamatan dan kesehatan jamaah. []

SUMBER: SAUDI GAZZETE

 



Source link

SebelumnyaTertinggi dalam 3 Bulan Terakhir, 100 Kasus Baru Corona di Cina Terjadi dalam Sehari SesudahnyaDARI MANA KITA BELAJAR?

Berita Lainnya

0 Komentar