SEMANGAT DALAM KEBAIKAN
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

SEMANGAT DALAM KEBAIKAN

Terbit 30 June 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Kisah Nabi / Mu'amalah / Ustadz Uril
SEMANGAT DALAM KEBAIKAN

Idealnya, dalam hidup ini kita memiliki kestabilan dalam melakukan kebaikan, karena itulah dalam sebuah hadis dikatakan bahwa: “Perbuatan yang paling disukai oleh Allah itu adalah jika dilakukan secara kontinyu, meskipun secara kuantitas terlihat sedikit” (HR Bukhari). Untuk dapat mempertahankan kontinyuitas dalam beramal, sesungguhnya diperlukan motivasi yang selalu dapat mendorong kita agar tetap terus-menerus melakukan kebaikan itu. Bagi kita umat Islam, tidak kurang-kurang al Quran memberi motivasi kepada kita agar selalu bersemangat untuk melakukan kebaikan.   

Dalam bentuk perintah, Allah telah memerintahkan kita untuk bersemangat dan terus menguatkan semangat kita (QS Al Ahqaf:35). Allah juga telah memaparkan sebuah perbandingan antara orang mukmin yang memiliki semangat dan yang biasa-biasa saja (QS An Nisa’:95). Allah juga telah menuntun kita agar tetap semangat, diantara caranya adalah dengan memiliki ilmu (QS Al Mujadilah:11) begitu juga dengan cara memiliki keimanan yang kuat (QS Thaha:75).  

Dalam hadis Rasulullah saw. pernah bersabda: “Berusahalah untuk mendapatkan kebermanfaatan, mintalah tolong kepada Allah dan jangan lemah” (HR Muslim). Dalam hadis yang lain, beliau juga bersabda: “Barangsiapa yang semangatnya ingin mendapatkan akhirat, maka Allah akan memberi kecukupan dalam hatinya, dunia akan mendatanginya dengan mudah. Dan barangsiapa yang semangatnya ingin mendapatkan dunia, maka Allah akan memperlihatkan kefakiran di depan matanya, dan mencerai-beraikan kekuatannya, serta tidak memberikan kenikmatan dunia kecuali hanya sedikit” (HR Tirmizi).   

Begitu juga hadis tentang anjuran mendatangi shaf pertama dalam shalat, “seandainya mereka mengetahui keutamaan shalat jama’ah pada shaf pertama, mereka akan mendatanginya, meskipun dengan merangkak” (HR Bukhari dan Muslim), yang semuanya itu menunjukkan bahwa kehidupan kita dalam menanam kebaikan di dunia ini harus dilakukan dengan penuh semangat.  

Setiap kesuksesan harus selalu dilalui dengan semangat yang tinggi, untuk dapat sukses di akhirat dengan masuk surga, Rasulullah memastikan hal itu tidak bisa diperoleh dengan mudah, beliau bersabda: “Jalan menuju surga itu dipenuhi dengan berbagai rintangan, sementara jalan menuju neraka itu dihiasi dengan kesenangan”(HR Bukhari dan Muslim), sehingga untuk mendapatkannya harus dengan usaha yang keras dan semangat yang kuat. Agar sukses dalam berdakwah, menyampaikan kebaikan kepada manusia juga tidak mungkin hanya dilakukan dengan santai-santai, bahkan kekuatan semangat itu mengalahkan kekuatan materi yang lain.  

Sabar Dalam Kebaikan

Umat Islam dewasa ini membutuhkan orang-orang yang memiliki semangat yang kuat untuk dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang melingkupinya. Nilai-nilai Islam yang universal harus disebarkan oleh para pemiliki semangat yang tinggi, aqidah Islam yang benar perlu ditegakkan oleh pelaku dakwah yang tangguh. Kekalahan demi kekalahan yang menimpa kaum muslimin salah satu sebabnya adalah lemahnya semangat dan motivasi perjuangan. Islam yang tinggi dan tidak akan ada yang menandingi adalah sebuah keniscayaan, namun realitas umat Islam yang mayoritas di negeri ini banyak dikalahkan karena lemahnya semangat mereka.  

Namun, dalam realitas kehidupan kita ternyata masih ada saudara-saudara kita, kaum muslimin yang memiliki semangat yang tinggi. Bahkan semangat mereka yang menyala-nyala itu dapat menular kepada kita. Mungkin diantara kita ada yang memiliki guru, teman, sahabat atau kenalan yang keberadaannya sangat bermanfaat bagi kita untuk menjaga semangat kita dalam melakukan kebaikan. Mereka orang-orang yang tetap menjaga semangat mereka dalam melakukan kebaikan dan selalu memberi solusi yang tepat pada saat yang tepat pula, semua permasalahan akan selesai dan dapat terurai jika bersama mereka.  

Bersyukur kita dipertemukan oleh Allah dengan orang-orang yang memiliki semangat seperti itu. Semangat untuk berprestasi, semangat untuk berkontribusi, semangat untuk memberi manfaat kepada orang lain. Beruntung sekali kita dipertemukan oleh Allah dengan mereka, pada saat semangat kita meredup, dengan cepat menjadi menyala kembali karena ingat wajah-wajah mereka yang tulus dan tidak perna lelah melangkahkan kaki menapaki kebaikan, semangat kita kembali berkobar saat bertemu dengan mereka.   

Semoga Allah swt. selalu memberi kekuatan kepada kita, agar kita tetap dapat menjaga semangat melakukan kebaikan dalam hidup ini. Wallahu a’lam.

[email protected]

Facebook

SebelumnyaRAHASIA YANG BOLEH DISEBARKAN SesudahnyaMEREKA TETAP BERSEMANGAT

Berita Lainnya

0 Komentar