Selamat dari Banjir Bandang, Dimana Nabi Nuh dan Kaumnya Menetap?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Selamat dari Banjir Bandang, Dimana Nabi Nuh dan Kaumnya Menetap?

Terbit 3 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahtera Nuh / banjir / Hadits / Kisah Nabi / Nabi Nuh / Tempat


BANJIR bandang di masa Nabi Nuh merupakan kisah yang dikenal dalam Islam. Peristiwa dahsyat itu penting dalam sejarah umat manusia.

Nabi Nuh as, merupakan utusan Allah SWT setelah Nabi Adam dan Nabi Idris. Nabi Nuh sendiri adalah cucu dari Nabi Idris. Jarak setelah setelah Nabi Adam diutus hingga ke Nabi Nuh adalah 10 abad.

BACA JUGA: Nabi Nuh Bikin Bahtera Lebih dari 40 Tahun, Ini 11 Fakta Lainnya!

Tentu ada perbedaan tempat dimana keduanya diutus.

أنَّ رجُلاً قال: يا رسولَ اللهِ أنبيٌّ كان آدَمُ؟ قال: نَعم مُكَلَّمٌ، قال: فكم كان بيْنَه وبيْنَ نوحٍ؟ قال: عشَرةُ قُرونٍ

“Seorang pria berkata, ‘Wahai Rasulullah, seorang nabi adalah Adam?’ Dia berkata, ‘Ya,’ dia berkata, ‘Berapa jarak antara dia dan Nuh?’ Dia berkata, ‘Sepuluh abad’.”

Nabi Nuh diutus kepada Bani Rasib. Kemudian setelah berdakwah, tidak semuanya kaum Nabi Nuh yang taat kepada Allah SWT. Sehingga Allah menurunkan azabnya dengan menumpahkan air bah.

Hanya Nabi Nuh dan orang-orang yang mengikuti seruannya lah yang selamat dari air bah itu. Mereka diselamatkan setelah menaiki bahtera yang dibuat Nabi Nuh atas perintah Allah.

Bahtera Nuh adalah sarana keselamatan di mana Nuh dan orang-orang yang taat dengannya lolos dari bahaya banjir yang tak terduga.

Allah kemudian memerintahkan Nabi Nuh membawa kaum yang taat. Selain itu, bahtera juga mengangkut hewan-hewan yang berpasang-pasang.

Lantas, kemana bahtera itu membawa Nuh dan Kaumnya?

Beberapa mengatakan bahwa Nuh dan orang-orangnya kemudian tinggal di Irak selatan, dan mereka melanjutkan dengan mengatakan bahwa mereka telah menetap di sekitar kota Kufah di Irak. Kemungkinan lokasi menetapnya mereka adalah karena menjadi tempat berlabuhnya bahtera yang menyelamatkan Nabi Nuh dan kaumnya.

BACA JUGA: Ilmuwan Ungkap Kebenaran Alquran soal Bahtera Nabi Nuh

Namun dalan sebuah buku God-Glory and Exalted disebutkan bahwa bahtera telah berlabuh di Gunung Judi.

Adapun dalam Taurat disebutkan bahwa tempat berlabuh kapal berada di Gunung Ararat.

Baik dermaga di Judi atau Ararat, keduanya adalah dua tempat yang sangat dekat dengan Irak, yaitu di tempat yang diperkirakan menjadi tempat tinggal nabi Nuh dan pengikutnya. []

SUMBER: REPUBLIKA



Source link

SebelumnyaHandphone tak Berdering SesudahnyaHukum Peringatan Kelahiran Nabi yang Mulia – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar