Selain Nabi Muhammad, Siapa saja Nabi yang Berasal dari Arab?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Selain Nabi Muhammad, Siapa saja Nabi yang Berasal dari Arab?

Terbit 11 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Arab / Hadits / Kisah Nabi / nabi


NABI Muhammad SAW adalah Nabi yang berasal dari Arab. Bagaimana dengan nabi-nabi lainnya yang diutus sebelum nabi Muhammad SAW? Apakah mereka juga berasal dari Arab?

Nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad SAW diutus khusus untuk berdakwah pada kaumnya. Biasanya kaum-kaum tersebut menempati suatu wilayah tertentu. Namun, tidak semuanya berada di jazirah Arab.

Mengenai adakah Nabi yang dikirim ke Afrika, Eropa, atau Amerika, memang tidak ada litelatur jelas yang menyebut demikian. Namun ada bukti dalam Alquran bahwa Allah SWT telah mengirim utusan ke semua umat manusia. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Fathir ayat 24:

إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيرًا وَنَذِيرًا ۚ وَإِنْ مِنْ أُمَّةٍ إِلَّا خَلَا فِيهَا نَذِيرٌ

“Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.” Begitu pun firman Allah SWT di dalam surat An-Nahl ayat 36:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ ۚ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

“Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah, dan jauhilah tagut”, kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul).”

Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT telah mengutus kepada setiap orang dan setiap bangsa untuk mengajak mereka kepada kebenaran, menyembah Allah SWT dan memperingatkan mereka soal politeisme dan ketidakadilan.

BACA JUGA: Telusur Garis Silsilah 25 Nabi, dari Adam sampai Muhammad SAW (2-Habis)

Nah, terkait nabi yang berasal dari bangsa Arab sendiri, apakah hanya Nabi Muhammad seorang?

Nyatanya, tidak. Ada sejumlah Nabi yang juga berasal dari Arab. Mereka di antaranya adalah nabi Hud, nabi Saleh, nabi Syuaib, nabi Ismail, dan yang terakhir adalah Nabi Muhammad. Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam Al-Badawy As-Syanqithi dalam kitab Umud an-Nasab.

Berikut penjelasan singkat tentang nabi-nabi yang berasal dari Arab:

Nabi Hud

Nabi Hud diutus kepada kaum ‘Aad yang berasal dari kalangan orang Arab kuno yang tinggal di Al-Ahqaf di Yaman, yakni antara Oman dan Hadramaut.

Nabi Saleh

Nabi Shaleh diutus Allah SWT kepada kaum Tsamud yang tinggal di wilayah Al-Hijr, antara Hijaz dan Tabuk.

Nabi Syuaib

Nabi Syuaib dikirim untuk kaum Madyan yang tinggal di Madyan, sebuah desa yang berada di wilayah Ma’an di pinggiran Syam di sisi Hijaz.

Nabi Ismail

Nabi Ismail diutus untuk berdakwah kepada suku Amaliq, penduduk Yaman, dan beberapa kelompok lain di Arab.

Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW sendiri berasal dari Arab yakni Bani Quraisy. Namun, beliau adalah nabi dan rasul yang bukan hanya berdakwah kepada bangsa Arab saja,melainkan kepada seluruh umat manusia dan jin. []

Referensi: Umud an-Nasab/Karya: Imam Al-Badawy As-Syanqithi



Source link

Sebelumnya5 Fakta Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Sesudahnya11 Cara Bertamu yang Baik dalam Islam

Berita Lainnya

0 Komentar