Sebagai Pembersih, Ini 2 Bahan Alami dalam Perawatan Tubuh – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Sebagai Pembersih, Ini 2 Bahan Alami dalam Perawatan Tubuh – Islampos

Terbit 3 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahan alami / Hadits / kacang sabun. / kebersihan / pembersih / perawatan / Resep / tanah liat
Sebagai Pembersih, Ini 2 Bahan Alami dalam Perawatan Tubuh – Islampos


1 Kacang Sabun (Biji Lerak)

Ilustrasi. Foto:
Green Matters

Kacang sabun berasal dari keluarga semak tumbuhan “sapindus”. Buah beri kecil ini (sebenarnya bukan kacang) dipetik dengan tangan dan dijemur untuk membuatnya menjadi cangkang kecil yang keriput, yang berbau sedikit seperti madu yang lengket.

Spesies tumbuhan ini tumbuh di seluruh dunia dengan persediaan melimpah di wilayah Himalaya, India dan Pakistan serta negara bagian selatan Amerika Serikat, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara.

Ada beberapa hal yang membuat sabun kacang sangat baik untuk pembersih dalam perawatan tubuh:

Larutan kacang sabun memiliki pH antara 4–6, yang mendekati pH alami kulit dan rambut kita. Sabun batang dan sabun cair biasanya lebih basa – sekitar pH 8–9, yang dapat menghilangkan terlalu banyak minyak dari tubuh dan membuat rambut kusam dan wajah tegang.

PH sabun kacang bisa sedikit terlalu asam untuk beberapa orang, dan Anda mungkin perlu mengurangi pH dengan sedikit soda bikarbonat agar tidak menyengat mata.

Sangat mudah untuk membeli kacang sabun yang ramah lingkungan dari seluruh dunia. Jenis semak sapindus kuat dan menghasilkan buah selama lebih dari 80 tahun kehidupan mereka. Panen buah mudah dilakukan dengan memetik sendiri atau dengan pengumpulan mekanis, dan buah hanya perlu dijemur sebelum siap digunakan. Ini membuat bahan perawatan pribadi yang sederhana dan efektif.

Kacang sabun dapat digunakan untuk mencuci piring, pakaian, kulit, dan rambut, menjadikannya alternatif yang menarik untuk produk pembersih umum. Mereka juga datang sebagai buah beri kering dan karena itu mudah untuk dikemas, disimpan, dan dipindahkan. Semua ini berarti Anda dapat mengurangi jumlah produk di lemari Anda, dan jumlah kemasan yang digunakan. Jadi, ini baik untuk lingkungan dan baik untuk tubuh.

BACA JUGA: Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami, Begini Caranya

Untuk membuat konsentrat yang dibutuhkan dari kacang sabun ini, Anda membutuhkan 100 gram sabun kacang untuk ditambahkan kurang lebih 3 liter air, dan direbus. Setelah mendidih, biarkan mendidih selama sekitar satu jam untuk mengekstrak semua saponin dari kacang. Dinginkan sebelum dimasukan ke dalam botol.

Anda dapat menggunakan konsentrat ini sebagaimana adanya, atau mmodifikasinya untuk membuat berbagai produk pembersih.

Untuk 80 mililiter konsentrat kacang sabun, tambahkan 100 mililiter air hangat. Taburkan 2,5 mililiter permen karet xanthan, dan kocok dengan hand mixer hingga mengental. Tambahkan 2 tetes minyak esensial yang aman untuk kulit dan sekitar 30 mililiter luffa atau bubuk kamomil untuk lulur yang mewah.

Kacang sabun dapat dibeli dari sejumlah pemasok online atau dapat ditemukan di beberapa toko makanan kesehatan. Gum xanthan dapat ditemukan di toko-toko kesehatan karena digunakan sebagai pengental alami dalam saus (ini adalah produk berbahan dasar gula).

Kacang sabun baik digunakan untuk produk berbasis sabun. Ini cocok bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

2 Tanah liat

Ilustrasi. Foto:
Freepik

Tanah liat berbeda-beda bergantung pada batuan, tanah, dan kondisi atmosfer yang ditemukan di lokasi pengumpulan, dengan beberapa dari tanah liat kosmetik yang paling umum digunakan adalah kaolin dan smektit.

Kaolin adalah tanah liat alami yang tidak reaktif dan ditemukan di seluruh bumi. Ia kaya akan mineral: aluminium, kalsium, boron, kalium, dan belerang, yang memfasilitasi aksinya sebagai agen penenang kulit dan antibakteri.

Kaolin dapat ditemukan dalam salah satu dari banyak samaran di produk kosmetik “siap pakai” Anda, termasuk aluminium silikat, magnesium aluminium silikat, bentonit, tanah fuller, hektoris, dan zeolit. Setiap jenis memiliki kimia dan set sifat yang sedikit berbeda.

Di rumah, tanah liat kaolin bisa sangat berguna untuk pembersih. Ini bagus untuk menyerap keringat dan karena itu dapat dimasukkan ke dalam deodoran alami bersama natrium bikarbonat. Ini juga secara alami abrasif sehingga dapat ditambahkan ke masker wajah atau pembersih untuk memberikan tindakan menggosok yang lembut.

Haluskan kedua bahan ini menjadi satu dan simpan dalam wadah yang kering dan kedap udara. Campurkan sedikit di tangan Anda dengan setetes air untuk membuat pasta sebelum mengaplikasikannya sebagai deodoran. Kaolin membantu menurunkan pH bikarbonat soda, membuat deodoran alami yang cepat dan mudah. Ini akan meninggalkan bekas putih pada pakaian, jadi berhati-hatilah.

Banyak lempung berwarna berbeda tersedia dan dapat dicampur bersama di rumah untuk membuat beragam kemasan wajah. Cobalah mencampurkan tiga sendok teh tanah liat berikut dengan setengah sendok teh minyak sayur untuk membuat masker wajah yang bergizi dan sangat efektif.

BACA JUGA: Inilah 4 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Australia terkenal dengan tanah merahnya, dan tanahnya berwarna merah karena kandungan besinya yang tinggi, yang kabarnya bagus untuk kulit sensitif dan kering.

Ada juga Tanah Liat “Laut” Hijau Prancis, yang kaya akan oksida besi dan bahan tanaman yang membusuk (itulah yang membuatnya menjadi hijau). Penuh dengan mineral oksida, tanah liat ini adalah tonik yang bagus untuk kulit yang stres, kering, dan matang.

Jenis tanah liat Prancis lainnya adalah French Yellow Clay, yang kaya akan oksida besi. Ini biasanya digunakan untuk membuat paket wajah, yang lembut dan lembut untuk kulit sensitif karena merupakan detoksifikasi dan pembersih yang lembut.

Diekstrak dari danau garam kuno di Siberia, Tanah Liat Biru Rusia kaya akan mineral. Karena itu telah digunakan di Rusia untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk eksim, dermatitis, dan psoriasis.

Dari sudut pandang pembersih, tanah liat ini menawarkan formulator rumahan – sesuatu yang sedikit berbeda dari biasanya dan warna birunya tentu saja menarik!

Alam memberi kita banyak cara untuk tetap bersih dan indah. Dari 2 bahan lami saja, dapat dipetik manfaat yang banyak. []

SUMBER: ABOUT ISLAM



Source link

SebelumnyaWahai Suami, Berikan Istrimu Hadiah SesudahnyaBerkata yang Baik atau Diam

Berita Lainnya

0 Komentar