Saudaraku, Inilah Amalan yang Mengikuti setelah Meninggal – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Saudaraku, Inilah Amalan yang Mengikuti setelah Meninggal – Islampos

Terbit 29 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : amalan / Hadits / Nasihat / sedekah / setelah meninggal
Saudaraku, Inilah Amalan yang Mengikuti setelah Meninggal – Islampos


 

Saudaraku,

SEDEKAH jariyah merupakan sedekah yang terus bergulir dan berkesinambungan pahalanya. Seperti wakaf yang dihibahkan pada lahan kebaikan.

Sedekah jariyah diberikan ketika seseorang masih hidup, keuntungan atau manfaatnya terus berlanjut walaupun ia telah meninggal. Jenis sedekah ini bisa dalam bentuk bermacam-macam.

BACA JUGA: 7 Amalan Ini Pahalanya Tetap Mengalir sampai Kita Meninggal

Antara lain: membangun sumur, membangun kamp-kamp pengungsian, mengadakan penghijauan, membangun masjid dan tempat penampungan anak yatim piatu, mendermakan anggota tubuh, mengalirkan air ke faslitas-fasilitas umum, menyumbangkan alat pendingin air masjid, sekolah, pasar dan lainnya.

Abu Hurairah meriwayatkan sabda Rasulullah ﷺ,

“Di antara amal dan kebaikan yang dapat menyusul seorang Mukmin setelah ajalnya tiba adalah ilmu yang diajarkan dan disebarluaskan, anak shalih yang ditinggalkan, mushaf yang diwariskan, masjid yang dibangun atau rumah yang diperuntukkan untuk Ibnu Sabil (orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan), saluran air yang dibangunatau sedekah yang dikeluarkan dari harta saat sehat dan hayat masih dikandung badan, (pahalanya) akan mengikuti hingga setelah meninggal.” (HR. Ibnu Majah)

Saudaraku,

Manusia pada dasarnya diciptakan suka memiliki dan menimbun sesuatu. Bahkan naluri dasar tersebut telah mengkristal dalam benak banyak orang, sehingga bentuknya melebihi dari yang semestinya.

BACA JUGA: Bekas-bekas Amalan yang Sampai pada Orang yang Meninggal Dunia

Sifat itu mempengaruhi tingkah laku, mengubah pola berpikir dan hanya berorientasi untuk memuaskan kepentingan pribadi dan syahwatnya lalu melupakan akhirat.

Maka dari itu, jangan sampai kita termasuk ke dalam orang-orang yang melupakan akhirat hingga mendapat adzab Allah. Jadilah orang yang mempunyai perbekalan ketika pulang ke rumahnya yaitu negeri akhirat.[]

Sumber: Manajemen Umur Resep Sunnah Menambah Pahala dan Usia/Karya: Muhammad bin Ibrahim an-Nu’aim/Penerbit: Pustaka at-Tazkia



Source link

SebelumnyaPenyembuhan di Balik Warna Hijau SesudahnyaNgeri, Ini yang Terjadi pada Otak Saat Mabuk

Berita Lainnya

0 Komentar