Pujian Allah bagi Muslim yang Shalat Berjamaah
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Pujian Allah bagi Muslim yang Shalat Berjamaah

Terbit 4 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Pujian Allah bagi Muslim / Shalat / shalat berjamaah / Syi'ar


SUDAH terlalu banyak kita mengetahui apa saja manfaat dan keutamaan shalat berjamaah. Ada yang terlihat secara kasat mata, ada juga yang diungkap penelitian.

Sala satu keutamaan menegakkan shalat berjamaah adalah mendapatkan tazkiyah (pernyataan kesucian) dan keutamaan besar dari Allah SWT.

BACA JUGA: Ustadz, Apa Hukumnya Shalat Berjamaah untuk Wanita?

Shalat berjamaah adalah di antara sebab-sebab dzikrullah (mengingat Allah) dan bertasbih (memuji) kepada-Nya di masjid-masjid.

Allah memuji mereka yang melakukan hal itu sekaligus menjuluki mereka sebagai rijal (orang-orang gentleman). Mereka adalah orang-orang yang tidak lalai karena bisnis dan perdagangan dari mengingat Allah, mendirikan shalat dan menunaikan zakat.

Allah juga bersaksi terhadap keimanan dan rasa takut mereka kepada-Nya. Selanjutnya, Allah menjelaskan bahwa mereka adalah orang-orang yang diterima kebaikannya, diampuni segala kesalahan dan dosa mereka, di samping anugerah-anugerah lain yang diberikan Allah kepada mereka selain pahala. [Lihat Tafsir Ibnu Katsir, 3/323; Tafsir Al-Qurthubi, 12/264]

BACA JUGA: 9 Keutamaan Shalat Berjamaah Tepat Waktu

Allah berfirman, “Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut namaNya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat, mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.

(Mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendakiNya tanpa batas,” (QS. An-Nur: 36-38). []

Sumber: 40 Manfaat Shalat Berjamaah/Karya: Syaikh Abu Abdillah Musnid al-Qathani/Penerbit: Darul Haq Jakarta



Source link

SebelumnyaAdan Rencana Referendum tentang Cadar di Swiss, Ini Reaksi Muslim SesudahnyaMimpi yang Sama 3 hari Berturut-turut, Apakah Itu Suatu Pertanda dari Allah?

Berita Lainnya

0 Komentar