Pohon yang Diberkati, Inilah Zaitun dalam Alquran dan Sains (1) – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Pohon yang Diberkati, Inilah Zaitun dalam Alquran dan Sains (1) – Islampos

Terbit 13 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : alquran / Hadits / Miracle of Quran / pohon zaitun / Sains / zaitun
Pohon yang Diberkati, Inilah Zaitun dalam Alquran dan Sains (1) – Islampos


 وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ . وَطُورِ سِينِينَ . وَهَٰذَا ٱلْبَلَدِ ٱلْأَمِينِ . لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS At Tiin: 1-4)

ZAITUN telah disebutkan tujuh kali dalam Alquran dan manfaat kesehatannya telah dikemukakan dalam pengobatan Nabi. Nabi Muhammad SAW telah bersabda:

“Ambil minyak zaitun dan pijat dengannya – itu adalah pohon yang diberkati.” (Darimi, 69: 103).

Zaitun, seperti kurma, memiliki nilai tinggi dalam budaya kuno dan modern. Dalam budaya Mediterania “itu telah berfungsi sebagai segalanya mulai dari uang hingga obat-obatan selama beberapa ribu tahun” (Zwingle, 1999).

Burung merpati yang memegang ranting zaitun di mulutnya telah menjadi simbol perdamaian universal. Ini dikatakan berasal dari kisah Nabi Nuh. Burung merpati itu muncul sebagai pertanda bahwa air bah yang dikirimkan sebagai hukuman akan reda.

BACA JUGA: Inilah Manfaat dan Keistimewaan 6 Buah-buahan yang Disebut dalam Alquran (2-Habis)

Minyak dari pohon yang diberkati ini juga disebut-sebut sebagai simbol kebaikan dan kemurnian dan digunakan hingga hari ini dalam upacara pengurapan di Gereja Ortodoks Yunani.

Industri kosmetik, praktisi kesehatan alami, dan dunia kuliner sepakat tentang manfaat buah lezat ini, yang kaya akan rasa dan kesehatan. Industri zaitun, yang menghasilkan 460 juta galon minyak zaitun pada tahun 2000-2001, telah berkembang pesat karena konsumen di seluruh dunia menyadari manfaat dari buah yang luar biasa ini.

Fakta Zaitun

Olea europaea, nama botani zaitun, berasal dari Asia dan menyebar ke cekungan Mediterania 6.000 tahun yang lalu. Cekungan Mediterania adalah area utama budidaya, dengan Spanyol, Italia dan Yunani sebagai negara penghasil zaitun terkemuka di dunia. Produksi zaitun juga meluas ke California, Afrika Selatan dan Australia.

Tumbuhan zaitun menyukai pola curah hujan musim dingin. Pohon zaitun adalah pohon yang kuat yang tumbuh kurang dari 10 meter. Suhu di bawah titik beku merusak pohon. Ini adalah pohon cemara dengan daun berwarna hijau pucat di atas dan keperakan di bawah. Kulitnya berwarna abu-abu pucat dan bunganya banyak, kecil dan berwarna putih krem.

Buah dari pohon itu adalah buah berbiji dengan buah berdaging dan batu yang keras. Warna buah bervariasi dari hijau (mentah) hingga hitam (matang) saat melewati tahap pertumbuhannya. Seiring bertambahnya usia pohon, ia menghasilkan lebih banyak buah.

Zaitun dibudidayakan melalui okulasi, metode yang biasa digunakan untuk memperbanyak pohon buah-buahan. Batang atau kuncup satu tanaman bergabung dengan batang atau kuncup tanaman lain untuk membentuk tanaman baru. Meskipun diperlukan waktu lebih dari lima tahun bagi pohon untuk mulai menghasilkan buah, pohon dapat dipanen setiap tahun dan terus menghasilkan buah hingga menjadi tua dan berlubang.

Cara panen zaitun tergantung pada jenis zaitun, jumlah pohon dan jumlah waktu dan uang yang tersedia. Beberapa produsen skala kecil, seringkali inisiatif yang dijalankan oleh keluarga, terus memanen buah zaitun dengan tangan.

Gunung Sinai Mesir: Kegunaan & Manfaat Zaitun

Inilah Gunung Musa yakni Gunung Sinai) yang disebutkan oleh Allah dalam Surat At-Tur dalam Alquran. Gunung ini terletak di kota Saint Katherine di Mesir.

Dari pohon Zaitun ‘yang diberkati’ hampir tidak ada yang terbuang karena buahnya dimakan atau digunakan untuk menghasilkan minyak zaitun, daunnya memiliki nilai obat dan kayunya sangat dihargai untuk pekerjaan pertukangan.

BACA JUGA: Ini Alasan Mengapa Buah Zaitun Diberkahi

Alquran menyebutkan beberapa dari kegunaan zaitun.

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُورِ سَيْنَاءَ تَنْبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِلْآكِلِينَ

“Dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan.” (QS Al Mu’minun: 20)

Buah zaitun yang berbentuk oval dengan panjang sekitar 2 sampai 3 cm diawetkan dalam larutan garam dan dijual sebagai bumbu masak. Rak-rak toko menyajikan berbagai macam buah zaitun mulai dari varietas hijau dan hitam hingga zaitun isi. Yang lebih mencengangkan adalah mempelajari varietas minyak zaitun.

Minyak zaitun diproduksi melalui proses yang dikenal sebagai penghancuran dan pengepresan. Sementara mesin telah mengambil alih sebagian besar pekerjaan, metode tradisional untuk mengekstraksi minyak masih digunakan. Metode berbeda untuk menghancurkan dan menekan digunakan untuk mengekstrak minyak zaitun.

Zaitun mengandung 10-40% minyak menurut beratnya. Namun, itu juga mengandung zat pahit yang dikenal sebagai oleo-rubin, yang dikeluarkan selama pemrosesan. Zwingle (1999), menulis untuk National Geographic tentang keajaiban minyak zaitun, mengatakan bahwa seseorang menemukan “di satu ujung, triliunan nubbin kecil yang pahit” dan di sisi lain cairan emas muncul. []

SUMBER: ABOUT ISLAM

 



Source link

SebelumnyaPohon yang Diberkati, Inilah Zaitun dalam Alquran dan Sains (2-Habis) SesudahnyaPerlu Tahu, Ini 6 Olahraga yang Dianjurkan Islam dan Tertulis dalam Hadist Nabi

Berita Lainnya

0 Komentar