Penuntut Ilmu harus Bisa Menjaga Lisan dan Tulisannya – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Penuntut Ilmu harus Bisa Menjaga Lisan dan Tulisannya – Islampos

Terbit 17 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / komentar buruk / lisan / Penuntut Ilmu / Tulisan


DI era sosmed ini, semua orang memiliki panggung untuk bicara. Siapa saja dan kapan saja seseorang bisa berkomentar tentang apa saja. Hendak kita seorang penuntut ilmu agama menjaga adab agar kita lebih banyak diam dan tidak berkomentar terlalu banyak.

Terlebih apabila terjadi fitnah atau pembahasan yang berat dan butuh ilmu untuk memberikan komentar. Hendaknya penuntut ilmu lebih banyak diam daripada ikut terlalu banyak berkomentar. Terkadang komentarnya tersebut justru memperkeruh suasana dan menambah beratnya pembahasan serta menambah fitnah.

BACA JUGA: Jaga Lisan dari Perkataan Buruk, Tahan Jari dari Komentar Buruk

Sungguh indah nasehat dari Adz-Dzahabi

“Apabila terjadi fitnah, berpegang teguhlah pada Sunnah dan TETAPLAH DIAM. Janganlah engkau disibukkan dengan yang tidak bermanfaat (bukan urusanmu) dan apa yang masih meragukan (musykil).” (As-Siyar A’lam AN-Nubala 20/141)

Hendaklah kita sebagai penuntut ilmu menahan diri untuk tidak berkomentar terkait hal yang kita tidak punya ilmu dalam permasalahan tersebut. Menahan diri dari berkoemntar apabila belum belajar bahasa Arab dan belum belajar ilmu-ilmu ushul. Terlebih permalasahan tersebut adalah permasalahan berat dan menyangkut hidup dan hajat orang banyak.

BACA JUGA: Ilmu Lenyap karena Tidak Diamalkan

Apabila seseorang yang tidak berilmu berkomentar, maka akan muncul pendapat yang aneh dan justru akan memperkeruh suasana. Sebagaimana ungkapan:

“Barangsiapa yang berbicara di luar ilmunya, akan muncul pendapat yang aneh-aneh.”

Salah satu adab bagi kita penuntut ilmu adalah banyak diam daripada berbicara. []

SUMBER: MUSLIM



Source link

SebelumnyaUang Membongkar Akhlakmu SesudahnyaSaudaraku, Jangan Kautanam Bibit-bibit Perpecahan dengan Berprasangka… – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar