Pentingnya Belajar Bahasa Arab bagi Generasi Muda
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Pentingnya Belajar Bahasa Arab bagi Generasi Muda

Terbit 6 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahasa arab / belajar bahasa arab / Hadits / Syi'ar


SEBAGAI seorang Muslim, belajar bahasa Arab merupakan hal yang perlu dilakukan. Belajar bahasa Arab bisa menjadi bekal kita dalam memahami isi kandungan ayat dalam Alquran. Karena, Alquran pun menggunakan bahasa Arab.

Khususnya bagi generasi Islam di masa mendatang. Belajar bahasa Arab harus mulai diterapkan. Ini akan menjadi modal utama bagi mereka agar mampu menyelesaikan permasalahan dalam hidup dengan mempalajari Alquran.

BACA JUGA: Kenapa Kita Perlu Belajar Bahasa Arab?

Seorang anak, memang terkadang juga enggan untuk belajar berbahasa. Nah, di sinilah tugas kita, sebagai orang tua, yang juga berperan sebagai pendidik baginya untuk memberikan pelajaran bahasa Arab. Sehingga, anak mencintai bahasa Arab. Tapi, bagaimana caranya?

Agar anak mencintai bahasa Arab, kita mulai mengenalkannya pada benda-benda sehari-hari. Kalau dalam pembelajaran bahasa Arab, kita memulai dari kitab yang paling mendasar, yakni Durussullughah al-‘Arabiyyah, yang lebih banyak mengacu pada kosakata dan percakapan, alih-alih tata bahasa (grammar).

Dalam memberikan penghafalan kosakata tersebut, kita harus bisa menyajikannya dengan menarik. Misalnya, dengan memberikan irama, sehingga anak lebih mudah untuk mengafalnya. Sebab, seorang anak lebih menyukai sesuatu yang tidak bersifat formal, melainkan penuh dengan keindahan, salah satunya bernyanyi.

BACA JUGA: Inilah 8 Fakta Unik tentang Bahasa Arab

Anak akan sering melakukan muraja’ah, karena bernada mirip orang bernyanyi. Hal ini lebih baik daripada ia menyanyikan lagu-lagu tidak baik. Anak benar-benar tiada beban saat menghafal, bahkan cenderung menikmati.

Oleh karena itu, pandai-pandailah mengemas materi pembelajaran agar anak menyukai bahasa Arab. Bukan agar mereka mengidolakan bangsa Arab.

Namun, lebih karena bahasa Arab adalah bahasa yang dipilih Allah SWT sebagai bahasa Alquran, sekaligus kunci perbendaharaan ilmu pengetahuan Islam. Khalifah Umar bin Khaththab pernah berkata, “Pelajarilah bahasa Arab, karena ia bagian dari agama kalian.” []

Referensi: Orang Tua Hebat Melahirkan Anak Hebat/Karya: Fadlan al-Ikhwani/Penerbit: Al-Qudwah Publishing



Source link

SebelumnyaAnak yang Bertahan Hidup SesudahnyaBagaimana Mungkin Muhammad Ketahui Rencana Busukku?  – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar