Peneliti Ungkap Fakta Mengejutkan Seputar Tidur (1)
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Peneliti Ungkap Fakta Mengejutkan Seputar Tidur (1)

Terbit 18 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / ilmu / Ilmuwan / manfaat tidur / Tahukah Anda / tidur


TIDUR telah menjadi hal yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan memberikan waktu untuk kita istirahat, walau itu hanya sebentar, sangat perlu untuk kita lakukan. Karena pada hakikatnya, manusia itu memiliki kelemahan, di mana pada saat tertentu, tubuh akan merasakan lelah. Dan pada saat itulah tubuh membutuhkan istirahat.

Tidur dengan nyenyak, merupakan salah satu cara istirahat yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa lelah. Selain menghilangkan rasa lelah, ternyata tidur dengan nyenyak juga dapat mencerdaskan seseorang. Dan subhanallah, hal ini telah disampaikan oleh Allah SWT melalui firman-Nya.

Dari waktu ke waktu, para ilmuwan menyingkap banyak penemuan baru terkait rahasia tidur. Boleh jadi, penemuan paling penting dalam masalah ini adalah, ketika mereka memperoleh informasi tentang adanya aktivitas besar otak manusia saat tidur. Dari sana mereka juga menyimpulkan, manusia bisa memanfaatkan waktu tidurnya untuk mempelajari banyak hal baru. Informasi ini penting diketahui oleh mereka yang ingin menghafal al-Quranul Karim.

BACA JUGA: Kekurangan 7 Vitamin Ini bikin Kamu Sulit Tidur

Penelitian Mutakhir Seputar Tidur

Para ilmuwan di Institut Max Planck Jerman mendalami masalah cara penyimpanan informasi serta meaknisme kerja otak manusia. Hasil penelitian yang disebarkan di Majalah Nature Neuroscience, November 2006, itu membuka jendela mengetahui bagaimana cara belajar dan mengingat yang dimiliki manusia karena mereka mendapatkan fakta bahwa otak manusia bekerja aktif saat tidur.

Hasil kajian ini juga menyebutkan bahwa ada berbagai informasi yang tersimpan dalam suatu area otak, yang disebut hippocampus, di mana informasi itu tersimpan hanya dalam waktu singkat. Tapi Hippocampus lalu bergerak dalam beberapa hari, khususnya saat tidur nyenyak, hingga sampai lapisan luar otak di area yang disebut neocortex. Neocortex kemudian menjadi tempat penyimpanan informasi dalam waktu panjang atau lama.

Para ilmuwan seperti Thomas Hahn, Mayank Mehta, Bert Saknamnn, menyimpulkan pentingnya tidur untuk aktifitas belajar dan mengingat, karena mereka menyaksikan bagaimana aktifitas besar yang dilakukan sel syaraf saat seseorang dalam kondisi tidur.

Kajian Amerika menegaskan bahwa tidur nyenyak menyedikitkan masalah over obesitas terutama untuk anak-anak. Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Evanston di Elinwi, disebutkan setiap jam tambahan akan menyedikitkan problema berat badan berlebih dan kegemukan. Emily Snile seorang pakar yang juga memimpin tim penelitian ini mengatakan, “Sedikit tidur berpengaruh pada hormon yang memunculkan rasa lapar, khususnya untuk anak-anak.”

Tidur Bermanfaat Kuatkan Daya Ingat

Kelompok yang paling mengambil manfaat dari penelitian ini adalah para pelajar, dan sudah tentu para penghafal al-Quran. Para pelajar yang kerap mengatakan bahwa mereka mudah lupa informasi yang telah mereka pelajari di malam ujian.

Mereka lalu memilih antara tidur atau menambah jam waktu mengulang pelajaran. Para peneliti menemukan bahwa tidur sangat membantu menciptakan perubahan yang diinginkan terkait hubungan dengan sel-sel syaraf dan otak. Adanya hubungan-hubungan ini, memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan otak untuk mengontrol sikap, belajar dan memperkuat daya ingat.

Berdasarkan hal itu, para peneliti percaya bahwa hasil penelitian mereka memberi bukti kuat bahwa tidur membantu pikiran untuk melakukan pekerjaan dengan baik, dan mengubah pengalaman ke dalam memori, serta menunjukkan pentingnya metode ini dalam persiapan menghadapi ujian.

Selain itu, mereka juga menyingkap hasil temuan lain yang mengkaitkan adanya perubahan dalam otak yang berhubungan dengan tidur nyenyak, itu melebihi tidur ringan. Penemuan ini lalu mendorong para peneliti untuk menjawab pertanyaan yang rumit: Mengapa kita tidur?

Penelitian ini menyimpulkan bahwa informasi baru yang diperoleh seseorang pertama kali disimpan di bagian otak yang disebut “Hippocampus”. Pada akhir hari, otak tidak menghapus informasi ini dan melupakannya, tetapi informasi itu akan dipanggil kembali dan disimpan di dalam otak. (Max Planck Institute for Medical Research).

BACA JUGA: Tatkala Hasan dan Husain Tidur di Bawah Naungan Sayap Malaikat

Profesor Michael Strykr dari Universitas California mengatakan, “Jika seorang pelajar mengulang pelajarannya dengan baik hingga ia kelelahan lalu tidur, maka otak akan terus bekerja saat tidur dengan cara yang sama. Di sini kita mengingat ayat Allah yang agung, yang mengingatkan kita tentang hal ini sejak zaman tak satupun manusia di bumi ini mengetahui pentingnya dan keajaiban tidur.

Allah SWT berfirman,

وَمِنْ آَيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ
[الروم: 23]

”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan,” (QS. Ar Ruum: 23).

Tidur adalah keajaiban yang nyata. Para ilmuwan benar-benar sangat takjub dan terheran-heran dengan rahasia ilmiah di balik tidur ini. Andai mereka melihat dan memperhatikan Kitabullah niscaya akan hilanglah keheranan mereka. []

BERSAMBUNG

SUMBER: KAHEEL7



Source link

SebelumnyaMengapa Allah Ciptakan Lebah? SesudahnyaKetika Kau dan Aku menjadi Kita – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar