Pekerjaan Terbaik adalah Bertani, Benarkah?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Pekerjaan Terbaik adalah Bertani, Benarkah?

Terbit 14 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : buah dimakan hewan / Hadits / keutamaan bertani / sedekah / Tani / Tanya Jawab


TANYA: Benarkah buah-buahan atau tanaman milik Muslim yang dimakan hewan semisal burung, ulat atau kelelawar termasuk sedekah?

JAWAB: Dari Jabir ra, dia berkata, “Nabi SAW pernah memasuki kebun Ummu Ma’bad, kemudian beliau bersabda, “Wahai Ummu Ma’bad, siapakah yang menanam kurma ini, seorang muslim atau seorang kafir?” Ummu Ma’bad berkata, “Seorang muslim.” Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu dimakan oleh manusia, hewan atau burung kecuali hal itu merupakan shadaqah untuknya sampai hari kiamat,” (HR. Muslim, no. 1552)

Pada riwayat Muslim yang lain disebutkan, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman melaikan apa yang dimakan dari tanaman tersebut akan menjadi sedekah baginya. Apa yang dicuri dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh binatang buas dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh seekor burung dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Tidaklah dikurangi atau diambil oleh seseorang dari tanaman tersebut kecuali merupakan sedekahnya,” (HR. Muslim, no. 1552)

BACA JUGA: Hubungan antara Sedekah dengan Perasaan

Imam Nawawi berkata mengomentari hadits di atas, “Di dalam hadits tersebut terdapat keutamaan menanam dan mengolah tanah, dan bahwa pahala orang yang menanam tanaman itu mengalir terus selagi yang ditanam atau yang berasal darinya itu masih ada sampai hari kiamat.”

Hal ini berbeda dengan sedekah jariyah. Tanaman yang disebut di atas tidak dimaksudkan (diniatkan) sebagai sedekah jariyah. Lihatlah tanpa keinginan dari pemiliknya atau ahli warisnya, tetap jadi amal yang pahalanya terus mengalir.

BACA JUGA: Sudah Bersedekah, tapi Tak Diajak Bicara oleh Allah, Kenapa?

Juga kata Imam Nawawi hadits ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang terbaik adalah bertani. Juga kata beliau bahwa pahala dan balasan akhirat hanya ditujukan khusus untuk kaum muslimin. Faedah lainnya lagi, seseorang dapat pahala ketika sesuatu yang miliki dicuri, dimakan oleh binatang ternak atau burung, dan semacamnya. (Lihat Syarh Shahih Muslim, 10: 195). []

 



Source link

SebelumnyaDoa Orang Kafir yang Teraniaya pun Mustajab – Islampos SesudahnyaMuslimah Cantik tapi Tetap Syar’i? Ini Dia Tipsnya

Berita Lainnya

0 Komentar