Orang yang Berbuat Zalim Juga Perlu Ditolong, Lha?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Orang yang Berbuat Zalim Juga Perlu Ditolong, Lha?

Terbit 15 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / menolong / menolong orang zalim / Tahukah Anda / Zalim


BANYAK dari kita yang beranggapan bahwa menolong hanya boleh dilakukan kepada orang yang sedang terzalimi. Padahal, tahukah kamu bahwa kita pun harus menolong orang yang menzalimi? Ya, ternyata kita boleh bahkan sudah seharusnya kita pun menolong orang yang zalim.

Segala aspek kehidupan telah Allah atur dengan begitu indah. Hanya saja kita terlalu malas untuk mempelajarinya. Termasuk perihal menolong orang zalim. Dari Anas ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tolonglah saudaramu yang berbuat zalim dan yang dizalimi.”

BACA JUGA: 4 Tingkatan Manusia dalam Membantu Kezaliman

Kemudian ada seseorang bertanya tentang bagaimana cara menolong orang yang berbuat zalim?

Beliau menjawab, “Kamu cegah dia dari berbuat zalim, maka sesungguhnya engkau telah menolongnya.” (HR. Bukhari, no. 6952; Muslim, no. 2584)

Ketika kita melihat suatu kemungkaran atau kezaliman, tugas kita bukan hanya menolong orang yang dizalimi atau disakiti. Namun Rasulullah SAW mengajari kita untuk menolong orang yang menzalimi juga. Yaitu dengan mencegah ia dari berbuat jahat atau zalim kepada orang lain. Dengan mencegahnya dari berbuat zalim kepada orang lain berarti kita sudah menolongnya dari berbuat dosa.

BACA JUGA: Ini Balasan bagi Manusia-manusia Dzalim

Jangan hanya sekadar menghakimi orang yang berbuat zalim. Tapi tolonglah ia dengan mengingatkannya. Seringkali, banyak di antara kita yang justru menzalimi orang yang sedang berbuat zalim pada orang lain. Padahal, 14 abad yang lalu, Rasulullah SAW telah mengajari kita untuk menolong orang yang zalim.

Sungguh sangat indah Islam mengatur segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Wallahu ‘alam.[]

 



Source link

SebelumnyaSeorang Dokter Asal Jeman Buktikan Khasiat Air Zam Zam SesudahnyaPenyebab Maag Bukan Hanya Karena Telat Makan

Berita Lainnya

0 Komentar