Ngeri, Tumbuhan Ini Punya Racun seperti Kalajengking – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ngeri, Tumbuhan Ini Punya Racun seperti Kalajengking – Islampos

Terbit 2 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / kalajengking / Muslimtech / racun / tumbuhan beracun
Ngeri, Tumbuhan Ini Punya Racun seperti Kalajengking – Islampos


SELAMA ini kita mengira bahwa hewan seperti kalajengking dan laba-laba yang memiliki racun. Ternyata baru-baru ini ditemukan bahwa ada tumbuhan yang juga memiliki racun seperti kalajengking. Hal ini berdasarkan penemuan para peneliti yang menyebutkan spesies pohon di Australia memiliki racun yang sama persis dengan yang dimiliki laba-laba dan kalajengking.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Science Advances, dilakukan oleh para peneliti dari University of Queensland.

Dilansir dari BBC, para peneliti mengatakan bahwa siapa pun yang tersengat daun pohon tersebut, pertama-tama akan merasakan sensasi terbakar yang hebat.

BACA JUGA: Ini 7 Buah dan Sayur yang Punya Kandungan Racun

Efeknya kemudian berubah beberapa jam selanjutnya: menjadi rasa sakit yang mirip dengan terjepit pintu mobil. Itu bisa berlangsung selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Para peneliti mengungkapkan, struktur molekul racun yang mereka temukan seperti simpul. Ini memungkinkan racun terjerat dan berulang kali menargetkan reseptor rasa sakit pada korban.

Pohon beracun tersebut bernama Dendrocnide excelsa atau juga dikenal sebagai gympie-gympie.

Ia memiliki daun berbentuk oval dengan rambut kecil tajam seperti jarum dan biasanya ditemukan di hutan hujan di wilayah timur laut Queensland, Australia.

“Spesies pohon ini sangat terkenal karena menghasilkan sengatan yang menyakitkan,” kata Irina Vetter, profesor di Institute for Molecular Bioscience, University of Queensland.

BACA JUGA: 7 Tips Hilangkan Racun dalam Tubuh dengan Mudah

Ia menambahkan, rambut tajam yang ada pada daunnya “bertindak seperti jarum yang menyuntikkan racun saat melakukan kontak dengan kulit” mirip dengan sengatan pada kalajengking.

Para peneliti memberi nama jenis racun saraf yang baru ditemukan itu dengan “gympietides.”

Hingga saat ini, para ilmuwan belum bisa menemukan molekul mana di dalam tanaman yang menyebabkan rasa sakit yang begitu parah.

“Dengan memahami cara kerja racun ini, kami berharap dapat memberikan pengobatan yang lebih baik kepada mereka yang tersengat tanaman, untuk meredakan atau menghilangkan rasa sakitnya,” pungkas Profesor Vetter. []

SUMBER: NATIONAL GEOGRAPHIC



Source link

SebelumnyaTangis dan Harapan Nabi Yaqub untuk Putranya, Nabi Yusuf – Islampos SesudahnyaKapan Shalat Sah Meski Tanpa Wudhu?

Berita Lainnya

0 Komentar