Muslimah, Inilah 10 Tips Kecantikan Sesuai Syariat
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Muslimah, Inilah 10 Tips Kecantikan Sesuai Syariat

Terbit 5 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Dunia Wanita / Hadits / Kecantikan / muslimah / perempuan / wanita


KESEMPURNAAN penampilan dan kecantikan biasanya jadi perhatian khusus kaum hawa dalam hal perawatan tubuh dan kesehatan.

Siapapun pasti menyukai keindahan dan kecantikan. Bahkan, Islam mengajarkan untuk merawat dan menjaganya. Muslimah pun diberikan solusi secara tak langsung, untuk merawat wajah agar tampil awet muda.

Tak perlu mengeluarka biaya yang besar, bahkan beberapa hal ini bisa dilakukan muslimah. Selain perawatan alami, rangkaian ibadah yang disyariatkan dalam Islam juga dapat membantu menjaga kecantikan hingga terlihat awet muda.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips awet muda sesuai syariat Islam itu:

Puasa Sunnah

Puasa memiliki banyak sekali manfaat. Seperti menahan hawa nafsu, melatih kesabaran, menjaga kesehatan tubuh, dan yang lainnya. Selain puasa wajib, sahabat muslimah juga bisa melakukan puasa sunnah. Selain manfaat di atas, ternyata puasa sunnah bermanfaat untuk mempercantik diri sahabat muslimah.

BACA JUGA: Muslimah Lifehack, Ini 9 Tips Unik Biar Enggak Ribet soal Perawatan Kecantikan (2-Habis)

Tersenyum

Dalam ajaran Islam, ayat Al Qur’an tentang membahagiakan orang lain yakni dengan senyum, selain tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik, tersenyum juga dianggap sedekah. Sabda Rasulullah SAW:

“Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi)

Rajin Salat

Rajin melaksanakan salat, sabar, bersyukur, dan ramah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari diri umat islam. Semua umat islam wajib menjalankan salat dan selalu bersyukur dalam kondisi apapun. Juga sabar dan selalu ramah meski dalam kondisi sempit.

Pedoman itu harus dipegang teguh oleh muslimah agar hati menjadi tenang dan pikiran menjadi lebih fresh. Karena pikiran yang stres dan hati yang suntuk akan membuat sel-sel lebih cepat mati yang bisa membuat wajah terlihat lebih tua.

Berwudhu

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib bagi umat islam sebelum melakukan ibadah salat, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh sobat. Namun, dibalik itu ternyata wudhu mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit sobat dan hal ini telah dibuktikan oleh peneliti dari Austria yaitu Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology.

Didalam penelitiannya dia mengatakan bahwa ada sesuatu yang menakjubkan tentang wudhu. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pusat-pusat syaraf yang ada di sebelah dahi, tangan dan kaki sangat sensitif terhadap air segar sehingga hal ini bisa mempengaruhi pusat-pusat syaraf tersebut dan tentunya berdampak pada kesehatan kulit yang tersentuh oleh air wudhu.

Gerakan Sujud

Sujud merupakan salah satu dari gerakan salat yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim ketika melakukan ibadah salat. Ternyata sujud tidak hanya sebagai bagian dari gerakan shalat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dikatakan oleh Dr Fidelma O’Leary, Phd Neuroscience dari St Edward’s University. Dalam kajiannya ia mengungkapkan bahwa dengan sujud maka otak manusia akan dimasuki oleh darah dan urat pada otak ini hanya bisa dimasuki oleh darah ketika sedang sujud saja.

Salat tahajud

Ada banyak keutamaan dalam ibadah salat malam ini, sehingga banyak dianjurkan untuk diamalkan oleh setiap muslim. Dan, ternyata, rajin menunaikan salat tahajud dapat membuat sahabat muslimah awet muda.

Sesuai hadis Rasulullah SAW, “Siapa saja yang banyak menunaikan shalat malam, jadi berwajah dapat terlihat tampan/cantik di siang hari.” (HR Ibnu Majah)

Selain gerakan ibadah, ada pula tips alami menjadi awet muda sesuai sunnah Rasulullah. Misalnya, tips mencerahkan wajah menggunakan minyak zaitun yang memiliki manfaat luar biasa untuk wajah karena bisa menjaga kelembapan wajah dan mengatur kadar minyak di wajah. Rajin-rajinlah mengoleskan minyak zaitun apabila wajah sudah mulai kering dan bersisik.

Berpikir positif

Seseorang yang sering mengucap salam apabila bertemu sesama muslim maka otomotis wajahnya akan berseri-seri, karena tidak ada orang yang mengucap salam sambil cemberut. Nah, karena selalu bahagia maka hal ini tanpa disadari akan membuat seseorang terhindar dari penuaan dini dan selalu awet muda.

Tidak sombong

Senyum merupakan ibadah yang paling murah dan mudah dilakukan sehingga tidak ada salahnya apabila sobat murah senyum kepada setiap orang. Selain enak dipandang, ternyata orang yang murah senyum akan cenderung lebih awet muda karena hal ini akan membuat wajah sobat damai sehingga tidak hanya cantik diluar tetapi cantik juga didalam.

Menghilangkan iri dan dengki

Perasaan iri dan dengki hanya merugikan diri sobat sendiri karena hal ini sangat dibenci oleh Allah SWT. Selain itu, seseorang yang selalu memendam rasa iri dan dengki didalam hatinya maka wajahnya akan terlihat kusam dan selalu masam, cemberut, muram dan sinis. Hal ini tentu saja akan membuat kita cepat terlihat tua karena tidak pernah tersenyum.

Menahan amarah

Orang yang sering marah-marah atau mengumbar rasa emosi tidak ada hasrat untuk mengelolanya. Wajahnya bakal lebih cepat mengalamai sistem pengeriputan. Mengapa? Karena kemarahan adalah tipe emosi yang membuat otot-otot di wajah menegang, Emosi yang tidak diminimalkan ini menyebabkan keriput.

Bukan hanya itu saja, perasaan geram menyebabkan menebarnya hormon kortisol yang menyebabkan produksi kolagen pada kulit menyusut. Di mana sesungguhnya kolagen adalah bahan paling utama untuk membuat kulit awet muda, kencang serta kenyal. Oleh karenanya Rasulullah SAW menyarankan umatnya untuk menahan amarah beliau juga bersabda,

”Barangsiapa yang menahan kemarahannya walau sebenarnya dia dapat melampiaskannya, Allah Azza wa Jalla akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat dihadapan seluruh manusia lalu Allah biarkan memilih bidadari bermata cermat yang disenanginya. ” (HR. Abu Dawud, Hasan) []

 



Source link

SebelumnyaPBB Serukan Penyelidikan Atas Kasus Pencederaan dan Pembunuhan terhadap Remaja Palestina  SesudahnyaWaspada, Ini Pintu-pintu Masuknya Dosa dan Maksiat

Berita Lainnya

0 Komentar