Muslim, Ini 5 Cara Ciptakan Perdamaian
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Muslim, Ini 5 Cara Ciptakan Perdamaian

Terbit 25 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Damai / Hadits / Motivasi / percamaian / tips


“Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
(QS AN Anfal: 61)

PERDAMAIAN adalah bagian besar dari Islam karena mempromosikan pemahaman tentang perdamaian melalui ketundukan kepada Allah SWT. Ini berlaku untuk pengertian biasa dalam mengembangkan pertumbuhan spiritual Anda melalui keseimbangan dan harmoni.

Jadi, dorong perdamaian di lingkungan Anda, keluarga dan di antara sesama dengan mengambil langkah-langkah sederhana ini untuk menjadi damai yang menular kepada teman-teman keluarga dan bahkan orang asing.

Ucapkan salam

Katakan saja “Assalaamu ‘Alaikum”. Sungguh menakjubkan melihat reaksi terhadap gerakan sederhana seperti memberi salam atau menyapa dapat dilakukan.

Lebih baik lagi, itu bisa meminta tanggapan yang diharapkan, dan itu adalah seseorang menanggapi salam Anda dengan memberi salam atau menyapa sebagai balasan.

Biasakan untuk menyapa semua orang di lingkungan Anda, tempat kerja, dan bahkan saat berbelanja. Ini akan memberikan dampak magis bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

BACA JUGA: Menciptakan Perdamaian dengan Musyawarah

Ihsan

Ihsan berarti memiliki niat baik terhadap apapun yang hidup. Ada banyak cara untuk mencapai hal ini, seperti bersikap adil dan adil dalam semua perbuatan Anda, tidak mementingkan diri sendiri, memberi tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Jadilah orang yang pemaaf dan tidak menyimpan dendam. Jangan terlibat dalam gosip, fitnah, sehingga melindungi lidah Anda. Tindakan kebaikan yang sederhana dapat menumbuhkan rasa welas asih pada makhluk hidup lainnya.

Dorong anak-anak Anda untuk menunjukkan kepedulian terhadap orang lain, membantu mereka yang membutuhkan dan bersikap baik terhadap semua makhluk Tuhan.

Tarbiyah untuk anak-anak

Tanpa masukan dari Anda, anak Anda tidak akan tahu tentang tarbiyah atau perkembangan pribadinya. Dan tanpa pengembangan pribadi, anak Anda tidak akan tahu pentingnya perdamaian di dunia yang kacau balau saat ini. Tanamkan pesan perdamaian pada anak sejak usia dini.

Berikan landasan Islami yang kuat dengan berinvestasi pada buku-buku Islami anak-anak yang penuh warna yang menghubungkan cerita-cerita dari Alquran yang ditulis dalam kalimat sederhana. Tarik sisi kreatif mereka dan libatkan mereka dalam aktivitas kerajinan tangan dan halaman mewarnai yang mendorong perdamaian.

Satukan keluarga

Tidak ada yang seperti kumpul-kumpul keluarga dengan sepanci besar makanan untuk menyempurnakan acara. Berbicara, makan, dan bersosialisasi dengan anggota keluarga membantu mengembangkan pemahaman yang lebih baik satu sama lain.

Luangkan waktu untuk mengunjungi keluarga karena hal itu membawa rasa memiliki, keamanan, stabilitas, dan kedamaian. Biasakan untuk melakukan sholat bersama dan mencoba terlibat dalam banyak hal sebagai keluarga untuk mengembangkan ikatan dan interkoneksi yang lebih kuat.

Ingatlah bahwa ikatan keluarga yang kuat adalah dasar dari masyarakat yang sehat dan aman.

BACA JUGA: Islam Adalah Agama Perdamaian

Jadilah tetangga yang baik

Tak perlu dikatakan, tetangga Anda adalah orang yang paling dekat dengan Anda dalam hal jarak.

Islam memberikan status khusus kepada tetangga, terlepas dari apakah mereka Muslim atau bukan. Anda didorong untuk bersosialisasi, peduli, dan berbagi dengan mereka.

Jadi, demi kepentingan terbaik Anda untuk menjaga perdamaian dengan mereka agar mereka tidak menjadi sumber frustrasi setiap hari. Jika Anda damai, itu mungkin akan menjadi populer dan mereka akan menular damai juga!

“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra’du: 28) []

SUMBER: ABOUT ISLAM



Source link

SebelumnyaKisah Muslimah Pertama yang Jadi Presiden di Tanzania SesudahnyaFikih Sujud Sahwi – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar