Menyerupai Pesawat Luar Angkasa, Masjid Starlit Curi Perhatian di Qatar
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Menyerupai Pesawat Luar Angkasa, Masjid Starlit Curi Perhatian di Qatar

Terbit 22 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / masjid Starlit / masjid unik / Muslimtrip / qatar


ADA sebuah masjid unik yang didirikan di kota Qatar. Arsitektur masjid ini sangat menarik. Bangunan masjid terlihat seperti berasal dari planet lain.

Masjid bernama Starlit ini berada di kawasan fakultas studi Islam yang berlokasi di Doha, sebuah kampus kota pendidikan berdasarkan desain arsitek MYAA. Masjid Starlit pun dengan cepat menjadi pusat perhatian bukan hanya di kalangan mahasiswa tetapi juga masyarakat.

BACA JUGA: Masjid Transparan Karya Ajlan Gharem, Unik dan Sarat Makna

Tampak luar masjid menyerupai sebuah pesawat luar angkasa yang baru saja tiba di bumi.

Menaranya menjulang tinggi ke udara, miring ke arah Makkah, yang merupakan arah sholat bagi umat Islam di seluruh dunia.

Bangunan masjid Starlit dibangun di atas “Kulliyya” Islam, atau tempat di mana ilmu dicari. Ini juga memberikan lingkungan belajar yang progresif yang menempatkan institusi di depan pedagogi Islam kontemporer, yang menetralkan citra pendidikan Islam yang lebih buruk.

Halaman yang dibuat di tengah Masjid dihiasi dengan pola geometris dan kaligrafi.

Ada lima pilar di dalam masjid, yang melambangkan rukun Islam lima. Ada aliran yang mengalir di sekitar pilar, melambangkan empat sungai di surga, yang terdiri dari anggur, madu, air, dan susu.

BACA JUGA: Berbentuk Durian, Masjid Unik Ini Ada di Negeri Dua Nil

Masjid Starlit ini memiliki kapasitas 1.800 orang. Di dalam masjid, terdapat fasilitas shalat yang dibagi untuk wanita dan pria. Pria berdoa di bawah sementara wanita berdoa di galeri.

Pencahayaan dikeluarkan dari bukaan segitiga dengan berbagai ukuran, yang merupakan fitur unik di masjid. Bagi para jamaah, itu memberi pengalaman seolah berdoa di bawah bintang-bintang.

Mihrab ditampilkan dengan tekstur emas dan sebuah ayat dari Alquran. Ayat-ayat Alquran memang menjadi fitur yang banyak ditemukan dalam desain masjid tradisional.

Gedung Masjid Starlit dengan cepat menjadi titik fokus bagi siswa dan masyarakat luas, mendorong gedung untuk mendobrak status sosial dan batasan kelas. []

SUMBER: THE ISLAMIC INFORMATION



Source link

SebelumnyaKeistimewaan Hari Jumat SesudahnyaBolehkah Uang Pajak Dibayar dari Zakat? – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar