Mengeluh Dapat Mengikis Kebahagiaan
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Mengeluh Dapat Mengikis Kebahagiaan

Terbit 13 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahagia / Hadits / kebahagiaan / Mengeluh / Renungan


HIDUP ini penuh dengan lika-liku, ada senang dan ada pula sedih, tetapi meski demikian haruslah kita sadari bahwa semua itu dipersembahkan oleh Allah hanya agar kehidupan yang yang kita miliki lebih bermakna dan berwarna.

BACA JUGA: Jangan Mengeluh jika Lelah Bekerja

Terlebih lagi bila hal yang kita rasa saat ini adlaah sebuah kesedihan, tetaplah tenang dan percayalah abahwa Allah tak pernah jauh dari kita sedikitpun, maka usahakan jangan mengeluh, karena mengeluh adalah jalan terkikisnya kebahagiaan dihati.

Mengapa dikatakan mengeluh adalah jalan terkikisnya kebahagiaan dihati? Karena dengan mengeluh artinya kau telah memberi tahu kepada dunia bahwa dirimu adalah manusia yang lemah dan tanpa tanggung jawab.

Padahal Allah sudah jelas-jelas tak pernah meninggalkan kita, tapi keegoisan diri yang menyanding kadang menutup mata hati, sehingga pertolongan-Nya seakan-akan jauh.

Dengan mengeluh artinya kau telah mempersempit kehidupanmu sendiri, sebab eluhan yang kau gumamkan hanya akan menghapus rasa syukur di dada.

Buktinya, tak jarang kita megeluhkan takdir buruk yang diberikan-Nya, tanpa mengingat apa yang telah lebih dulu Allah beri kepada kita selama ini.

Dengan mengeluh kau telah menutup jalanmu, mengapa? Karena mengeluh artinya kau tak percaya bahwa semua itu adalah takdir Allah.

Sebab, yang hadir dalam relung hatimu hanya keringkihan dan kesedihan yang mendalam, padahal bila kita tak mengeluhkannya dan kita pandai mengembalikan segala sesuatunya hanya kepada Allah, maka sudah pasti takdir tidak baik yang diberikan-Nya akan tetap membuat kita baik-baik saja.

Dengan mengeluh kau telah mencipta masalah baru, mengapa? Karena mengeluh artinya kau telah berprasangka buruk pada Allah.

Dengan prasangka buruk itu maka tentu kau akan terus berpikir sesuatu yang seharusnya tak usah kau pikirkan. Dan ingatlah, sesungguhnya pikiran negatif itu sangat berbahaya.

Padahal, saat kau ringkih Allah telah berbisik padamu untuk mendekat pada-Nya, tapi terkadang saking besarnya kebodohan dalam diri, kau malah mengeluh pada manusia yang notabeninya dia juga masih butuh pada pertolongan Allah.

Dengan mengeluh kau akan sulit bahagia, sebab mengeluh hanya akan menjauhkanmu dari kasih sayang Allah. Karena bila hatimu hanya kau isi dengan keluhan maka kau akan lupa caranya bersyukur.

BACA JUGA: Tidak Usah Mengeluh karena Rezeki yang Sedikit

Sedangkan seseorang yang sulit bersyukur maka ia akan jauh dari rahman-rahimnya Allah, hingga keadaanpun menjadi seakan-akan sempit. []



Source link

Sebelumnya7 Tips Terhindari dari Utang SesudahnyaLarangan Perilaku Konsumtif dalam Islam

Berita Lainnya

0 Komentar