Mau KhatamQuran Selama Ramadhan, Ini Tips-nya
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Mau KhatamQuran Selama Ramadhan, Ini Tips-nya

Terbit 27 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : alquran / Hadits / Khatam Quran / Tsaqofah Ramadhan


KHATAM quran menjadi salah satu target yang biasanya ingin dicapai seorang muslim selama bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS Al Baqarah: 185)

Tak heran, Alquran menjadi salah satu fokus ibadah selama Ramadhan. Dikutip dari Mvslim, berikut 5 panduan untuk mengkhatamkan Alquran selama bulan suci Ramadhan:

Atur jadwal membaca untuk membantu konsistensi

Ada 30 juz yang terbagi dalam ratusan halaman Alquran. Untuk membuat target khatam lebih fokus dan terarah, penting untuk membagi halaman menjadi bagian yang dapat diselesaikan setiap hari. Jadwal terbaik untuk diikuti adalah menggunakan shalat 5 waktu sebagai waktu membaca Alquran yang dialokasikan.

Jika Anda ingin mengkhatamkan Alquran satu kali selama bulan Ramadhan, cukup membaca minimal 4 halaman atau 2 lembar quran setelah shalat wajib. Tetapi jika ingin mengkhatamkan dua kali selama sebulan, maka baca 8 halaman.

Temukan seorang qari untuk membaca bersama

Ada begitu banyak jenis bacaan dan bacaan Alquran yang indah di luar sana. Temukan qari yang paling sesuai dengan Anda dan membuat Anda ingin mendengar lebih banyak. Kami menyarankan menemukan seorang qari yang kecepatannya sedikit lebih lambat. Ini memungkinkan Anda untuk mengikuti tanpa terburu-buru.

Baca terjemahannya

Membaca makna Alquran dalam bahasa yang kta pahami akan membantu membentuk hubungan yang lebih dalam dengan firman Allah. Ada begitu banyak cerita indah, deskripsi tentang kehidupan selanjutnya, surga dan masih banyak lagi yang akan membuat Anda terus membaca kitab suci. Dan bahkan mengambil kata-kata Arab yang mungkin Anda ingat artinya nanti.

Cari teman membaca Alquran

Temukan seseorang untuk membantu Anda tetap bertanggung jawab. Akan ada saat-saat di mana sepertinya itu terlalu sulit dan orang lain di sekitar Anda mungkin menyerah.

Untuk membantu Anda tetap fokus dan termotivasi, temukan seorang teman dalam membaca Alquran yang akan memeriksa bacaan. Dan Anda juga dapat menghubungi mereka saat merasa kehilangan motivasi.

Bahkan mungkin membuat obrolan grup di mana semua peserta mengirim emoji jempol setelah membaca bagian Alquran. Jika Anda melihat seseorang tidak mengacungkan jempol untuk beberapa lama, Anda akan dapat memeriksanya dan memberi mereka motivasi ekstra.

Ingat imbalannya dan jangan menyerah

Perjuangan Anda diakui dan dihargai oleh Allah Azza wa Jalla.

“Sesungguhnya orang yang membaca Alquran dengan indah, lancar, dan tepat, dia akan berada di kumpulan para malaikat yang mulia dan taat. Dan bagi orang yang membaca dengan susah payah, gagap atau tersandung pada ayat-ayatnya, maka dia akan mendapat pahala dua kali lipat.” (Sahih Al-Bukhari)

Pada saat-saat di mana rasanya tidak mungkin, ingatlah bahwa kita diberi pahala 10x untuk setiap surat yang kita ucapkan. Ini dikalikan dengan 70 selama bulan Ramadhan! Tetap fokus pada tujuan akhir ingin menyenangkan Allah, dan mendapatkan pahala sebanyak yang bisa selama sebulan.

Jika Anda mulai tertinggal, teruskan dan jangan menyerah untuk membaca Alquran. []

SUMBER: MVSLIM



Source link

SebelumnyaMencintai dalam Do’a SesudahnyaKeutamaan Malam Nisfu Syaban dan Cara Mendapatkannya

Berita Lainnya

0 Komentar