Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap – Islampos

Terbit 29 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / manfaat tidur / Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap / matikan lampu saat tidur / Syi'ar / tidur
Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap – Islampos


MENJALANKAN aktivitas seharian, tentu membuat tubuh kita terasa lelah. Maka dari itu, Allah SWT telah menyiapkan malam untuk kita beristirahat.

Jika kita gunakan waktu istirahat itu dengan sebaik mungkin, keesokan harinya, kita akan merasakan tubuh yang lebih segar kembali. Dan kita dapat menjalani aktivitas dengan penuh semangat.

BACA JUGA: Benarkah Sedikit Tidur Bikin Panjang Umur?

Tapi, banyak orang yang mengeluh akibat ketidaknyamanan saat bertemu waktu istirahat. Maksudnya, ia merasa selalu saja kurang tidur. Padahal, waktu malam cukup panjang.

Dan tidur yang baik tidak akan menghabiskan waktu hingga belasan jam. Melainkan, saat kita sudah tertidur pulas, dan terbangun tidur itu sudah lebih dari cukup.

Kesalahan kita yang sering mengeluh akibat tubuh terasa lemas walau sudah tidur, salah satunya karena tidak mematikan lampu saat tertidur. Padahal, Rasulullah ﷺ memerintahkan kita untuk melakukan hal tersebut.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Padamkan lampu pada malam hari jika kamu hendak tidur, tutuplah pintu, tutuplah wadah-wadah makanan dan minuman,” (Diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdillah).

Seruan dari Rasulullah ﷺ ini mengandung hikmah yang amat luar biasa. Salah satunya dari masalah kesehatan. Apa itu?

Kondisi gelap, nyata lebih mengusir kelelahan daripada tidur dalam keadaan terang benderang penuh cahaya. Mengapa demikian? Sebab, otak tidak merasa rileks selama masih ada cahaya terang dalam ruang peraduan.

BACA JUGA: Dampak Buruk Tidur Pagi Menurut Ibnul Qayyim

Seorang ahli biologi pernah mengatakan, bahwa dalam kondisi gelap tanpa cahaya tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon melatonin merupakan salah satu hormon kekebalan, yang mampu mencegah tubuh terjangkit kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria.

Jadi, ingin tidur Anda berkualitas? Matikan lampu sebelum tidur. []

Referensi: Orang Tua Hebat Melahirkan Anak Hebat/Karya: Fadlan al-Ikhwani/Penerbit: Al-Qudwah Publishing

 



Source link

Sebelumnya10 Siksa bagi Wanita di Neraka dan Penyebabnya SesudahnyaAlquran Ungkap Proses Terjadinya Suara – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar