Mana yang harus Didahulukan, Berkurban atau Bayar Utang?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Mana yang harus Didahulukan, Berkurban atau Bayar Utang?

Terbit 21 July 2020 | Oleh : Admin | Kategori : adab kurban / Hadits / Kurban / Tanya Jawab / utang / zulhijjah


TANYA: Bagi orang yang punya utang namun berniat untuk kurban di hari Id, mana yang harus didahulukan? Berkurban atau bayar utang terlebih dahulu?

 

JAWAB: Dikutip sepenuhnya dari Islamqa, dijelaskan bahwa melunasi utang lebih utama dan lebih wajib dibanding berkurban di hari Id karena beberapa sebab:

1. Melunasi utang itu wajib, sedangkan berkurban itu sunah mu’akkadah (sangat ditekankan). Yang sunah tidak didahulukan daripada yang wajib. Bahkan seandainya berpedoman pada pendapat sebagian ulama yang mengatakan bahwa berkurban itu wajib, tetap saja melunasi utang itu didahulukan, karena berkurban diwajibkan, bagi mereka yang berpendapat wajib, jika seseorang memiliki kemampuan, sedangkan orang yang memiliki utang berarti dia tidak memiliki kemampuan.

BACA JUGA: Kurban Sapi atau Kambing, Mana yang Lebih Baik?

2. Melunasi utang merupakan pembebasan diri dari tanggungjawab, apabila dia berkurban, maka dia mengalihkan perhatiannya dari itu. Tidak diragukan lagi, bahwa membebaskan diri dari beban kewajiban lebih utama daripada sibuk berkurban.

3. Utang adalah hak hamba sedangkan berkurban adalah hak Allah yang bersifat sunnah dan luas.

4. Membiarkan utang boleh jadi sangat berbahaya. Dikhawatirkan, orang yang berutang harus melunasinya di hari kiamat dengan kebaikan-kebaikannya jika Allah tidak lunasi atas namanya. Ini berarti sangat berbahaya. Karena ketika itu, seorang muslim sangat membutuhkan kebaikan walau hanya satu.

BACA JUGA: Kurban untuk Orang yang Sudah Meninggal, Boleh?

Maka jelas dengan hal itu bahwa menunaikan hutan lebih wajib daripada menyembelih hewan kurban. Dikecualikan jika utangnya bersifat jangka panjang, dan besar kemungkinan orang yang berutang dapat melunasinya pada waktunya jika dia berkurban pada masa sekarang. Atau dia telah menyerahkan jaminan yang membuatnya dapat menjamin pelunasan utangnya jika pada waktunya dia tidak mampu melunasinya. Ketika itu, tidak mengapa dia berkurban sesuai kemudahan yang Allah berikan kepadanya, baginya pahala dari sisi Allah Ta’ala. []

SUMBER: ISLAMQA

 

Tulisan ini Mana yang harus Didahulukan, Berkurban atau Bayar Utang? pertama diangkat pada Islampos.



Source link

SebelumnyaGerakan Penyembah Iblis (1) - Islampos SesudahnyaRagam Puasa di Bulan Dzulhijah, dari yang Sunah sampai yang Haram

Berita Lainnya

0 Komentar