Kurangi Minum Kopi Sebelum Ramadhan, Ini Tipsnya – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Kurangi Minum Kopi Sebelum Ramadhan, Ini Tipsnya – Islampos

Terbit 31 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / kafein / Kesehatan Ramadhan / Kopi / persiapan ramadhan / Ramadhan
Kurangi Minum Kopi Sebelum Ramadhan, Ini Tipsnya – Islampos


BANYAK orang yang terbiasa minum kopi, bahkan setiap hari. Ya, sebagian butuh kopi karena kafein di dalamnya menstimulasi sistem saraf pusat dan dapat membantu mengurangi rasa kantuk. Ini berarti kopi membantu untuk tetap terjaga menjalani aktivitas dan rutinitas harian.

Namun, di sisi lain, konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kegelisahan, insomnia, kecemasan, detak jantung yang cepat, dan mudah tersinggung. Padahal, kopi yang mengandung kafein itu telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang, lho.

BACA JUGA: Ini 7 Persiapan Fisik Jelang Puasa Ramadhan Biar Tetap Bugar

Lantas, bisakah seseorang tetap mengkonsumsi kopi selama bulan Ramadhan (pada saat sahur atau buka puasa)? Bagaimana pula cara menghindari efek negatif minum kopi yang seperti disebutkan di atas?

Dokter Sadaf Shaikh, PMDip, RD, sebagaimana dikutip dari laman Mvslim, menjelaskan bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang setiap hari dianggap aman. Jadi orang dewasa yang sehat harus membatasi asupan kafein mereka hingga 400mg (~ 4 cangkir kopi atau 8 cangkir teh hitam) sehari. Ini adalah jumlah yang dianggap aman tanpa efek berbahaya (menurut Health Canada, US FDA, dan European Food Safety Authority).

Namun, beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lain.

Kafein meningkatkan adrenalin (hormon melawan atau lari) dan dopamin (terkait dengan kesenangan). Dan hubungan dengan dopamin dianggap menjadi alasan mengapa kafein bisa membuat ketagihan. Meskipun mereka yang mengonsumsi kafein secara teratur cenderung membangun toleransi terhadap efeknya. Namun mereka lebih rentan terhadap penarikan kafein ketika tiba-tiba berhenti.

Jadi menghilangkan kafein secara tiba-tiba dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, lekas marah dan suasana hati tertekan.

Untuk menghindari efek tersebut saat berpuasa, dokter Sadaf menyarankan untuk turunkan asupan kafein secara bertahap menjelang Ramadhan. Dia mencatat bahwa minum secangkir kopi atau teh pagi hari secara teratur saat sahur juga dapat membantu mengurangi sakit kepala di kemudian hari saat berpuasa. Meski hal itu bisa mengganggu tidur setelah subuh.

BACA JUGA: Perut Kosong, Jangan Minum Kopi, Kenapa?

Nah, berikut tips menurunkan asupan kopi atau kafein sebagai persipan Ramadhan sehat untuk Anda:

  • Mulailah menggunakan cangkir yang lebih kecil.
  • Jika Anda minum lebih dari satu cangkir kopi/teh sehari, mulailah dengan mengurangi setengah cangkir, lalu satu cangkir penuh, dan seterusnya.
  • Pergi tanpa kafein atau campur minuman berkafein biasa Anda dengan setengah kafein tanpa kafein.
  • Seduh teh atau kopi Anda dalam waktu yang lebih singkat.
  • Cobalah minuman dengan sedikit atau tanpa kafein seperti teh hijau, teh herbal, dan lain-lain.
  • Bergantian antara hari-hari dengan dan tanpa kafein. Jadi secara bertahap tingkatkan untuk memiliki lebih banyak hari tanpa kafein untuk mantan. 2 hari dan 2 hari libur.

Insya Allah tips ini akan membantu Anda mendapatkan Ramadhan terbaik Anda. []

SUMBER: MVSLIM



Source link

SebelumnyaKetika Makhlus Halus Menampakkan Diri – Islampos SesudahnyaMenentang Ibu Demi Keyakinan Aqidah – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar