Kisah Warga Cimahi ke Tanah Suci Pakai Motor; Tunaikan Haji dan Doakan Kesembuhan Ibunya
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Kisah Warga Cimahi ke Tanah Suci Pakai Motor; Tunaikan Haji dan Doakan Kesembuhan Ibunya

Terbit 31 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Inspirasi / Mekah / Naik Haji / naik haji pakai / warga cimahi


SEORANG warga Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi Jawa Barat telah berangkat menunaikan ibadah haji menggunakan sepeda motor. Ia berangkat dengan Kawasaki Bajaj NS 200 cc berwarna kuning pada Kamis (24/12/2020) siang menuju Mekah, Arab Saudi.

Dia adalah Bambang Sukmana, pria 44 tahun ini memiliki niat untuk berhaji sejak tahun 2004 silam, namun Ia membulatkan dekat sejak 13 Oktober 2019 lalu.

BACA JUGA: Tak Gentar Berangkat Haji Pakai Motor Meski Harus Lewati Negara Konflik, Bambang: Saya Selalu Berzikir

Bambang mengisahkan saat itu pada malam hari ketika tidur ia tidak sengaja membuka media sosial dan melihat gambar Ka’bah. Di situlah dia makin membulatkan tekadnya untuk berangkat menunaikan ibadah haji.

“Kalau niat itu, keinginan dari 2004, niat bulat saya pergi ke tanah suci itu tanggal 13 Oktober 2019, tepat tengah malam ketika saya mau tidur terlihat gambar Ka’bah di situ. Jadi tengah malam itu saya memutuskan berangkat ke tanah suci,” kata Bambang Sukmana, di wawancarai melalui sambungan telepon pada, Selasa, (29/12/2020).

Setelah dirinya membulatkan tekad untuk berangkat ke tanah suci pada 2019, pada bulan Maret 2020 ia mulai membuat catatan-catatan untuk berangkat menggunakan motor ke tanah suci dalam bentuk proposal. Dia juga mulai berlatih melakukan touring ke tempat-tempat yang jalurnya ekstrem sebagai langkah persiapan menuju tanah suci Mekah.

“Bulan Maret saya membuat catatan tertulis berbentuk proposal mengenai rencana keberangkatan ke tanah suci ini. Selama bulan Maret dengan November saya sudah mulai menyusun kemudian latihan touring camping. Jadi latihan naik naik gunung mencoba jalur jalur ekstrem,” ujarnya.

Selain untuk menyempurnakan rukun Islam, pria yang akrab disapa Ibenk ini juga berniat mendoakan ibunya yang saat ini sedang sakit sejak 8 tahun silam.

“Yang jelas tujuan saya ke tanah suci itu untuk menyempurnakan rukun Islam saya, melaksanakan ibadah haji, yang kedua untuk mendoakan ibu saya di Baitullah karena ibu saya sudah sakit selama 8 tahun tidak bisa beraktivitas,” paparnya.

BACA JUGA: Wah, 2 Pemuda Makedonia ini Berangkat Haji dengan Bersepeda!

Dengan menggunakan motor ia menargetkan sampai ke tanah suci paling lambat awal Juli 2021, setelah selesai melaksanakan ibadah haji dia menargetkan untuk pulang ke Indonesia pada awal Agustus 2021.

“Saya insya Allah paling lambat awal Juli 2021 sampai, terus melaksanakan ibadah haji kemudian awal Agustus sudah kembali ke Indonesia,” tuturnya.

Ketika Ibenk di Medan, ia mendatangi Konsulat Jenderal Malaysia sesuai arahan Kedubes Malaysia sebelum nantinya menunju Malaysia.

“Saya tujuannya ke Medan untuk untuk ke Konsulat Jenderal Malaysia di Medan, karena email Kedubes Malaysia mengarahkan ke sana, saya menunggu untuk ke Malaysia, Jadi gak terlalu jauh cuman 6 jam sampe Tanjung Balai,” tutur Ibenk.

Sebagai modal dalam perjalanan, ia mengatakan bahasa utama yang di kuasai adalah bahasa Inggris, sementara untuk di wilayah pedalaman ia menggunakan kamus translate.

“Intinya yang harus dikuasai adalah bahasa Inggris, kalau pedalaman saya pake aplikasi translate bahasa,” tuturnya.

Sebelum berangkat ke Mekah, Bambang juga sudah mempersiapkan perlengkapan seperti SIM internasional, paspor dan perlengkapan lainnya. []

REPORTER: SAIFAL



Source link

SebelumnyaHikmah Pergantian Tahun dan Ulul Albab SesudahnyaPercaya, Rejeki Setelah Menikah Mudah?

Berita Lainnya

0 Komentar