Kisah Orang yang Berhenti Berbohong karena Penuhi Pesan Nabi
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Kisah Orang yang Berhenti Berbohong karena Penuhi Pesan Nabi

Terbit 7 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : berkata benar / Hadits / Ibrah / jujur / orang baik


MENGATAKAN kebenaran adalah kebiasaan yang sangat baik. Jika kamu selalu mengatakan kebenaran, kamu dapat menyelamatkan diri dari banyak masalah, sebagaimana kisah berikut:

Ini adalah kisah tentang seorang pria yang melakukan banyak hal buruk, tetapi janjinya untuk mengatakan kebenaran dan tidak berbohong, telah menyelamatkannya.

Diriwayatkan bahwa suatu ketika seseorang datang kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata, “Ya nabi Allah, saya memiliki banyak kebiasaan buruk. Yang mana yang harus saya tinggalkan dulu?”

BACA JUGA: Karena Kejujurannya, Pemuda Ini Diangkat Menjadi Raja (2-Habis)

Nabi berkata, “Berhenti berbohong dulu dan selalu mengatakan kebenaran.”

Pria itu berjanji untuk melakukannya dan pulang.

Pada malam hari, pria itu akan keluar untuk mencuri. Sebelum berangkat, dia berpikir sejenak tentang janji yang dia buat dengan nabi.

“Jika besok nabi bertanya padaku kemana saja aku, apa yang harus aku katakan? Haruskah aku mengatakan bahwa aku pergi mencuri? Tidak, aku tidak bisa mengatakan itu. Tapi aku juga tidak bisa berbohong. Jika aku mengatakan yang sebenarnya, semua orang akan mulai membenci aku dan panggil saya pencuri. Saya akan dihukum karena mencuri.”

Jadi pria itu memutuskan untuk tidak mencuri malam itu, dan menghentikan kebiasaan buruk ini.

Keesokan harinya, dia merasa ingin minum anggur. ketika dia akan melakukannya, dia berkata pada dirinya sendiri.

BACA JUGA: Kejujuran Ka’ab bin Malik dan Taubatnya

“Apa yang harus saya katakan kepada nabi jika dia bertanya kepada saya apa yang saya lakukan pada hari itu? Saya tidak dapat berbohong, dan jika Saya berbicara jujur ​​orang akan membenci saya, karena seorang Muslim tidak diperbolehkan minum anggur.”

Jadi dia pun menggugurkan niat untuk minum anggur.

Dengan cara ini, setiap kali pria itu berpikir untuk melakukan sesuatu yang buruk, dia ingat janjinya untuk mengatakan yang sebenarnya setiap saat.

Satu demi satu, dia melepaskan semua kebiasaan buruknya dan menjadi Muslim yang baik dan dikenal pula sebagai orang yang sangat baik.

Demikianlah, semua itu dimulai dari berkata yang benar. Kamu bisa menjadi orang yang baik, seorang Muslim yang baik yang disukai Allah. []

SUMBER: ISLAMCAM



Source link

Sebelumnya4 Faktor Kebahagiaan dalam Islam SesudahnyaSemangat Kerja Lagi Turun? Coba Baca Kata-kata Mutiara Ini – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar