Keutamaan Sedekah Air Minum
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Keutamaan Sedekah Air Minum

Terbit 19 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : air / air minum / Bersedekah / Hadits / Islam 4 Beginner / sedekah


DALAM sebuah hadits dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiallahu’anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal. Bolehkah saya bersedekah atas nama beliau?”

BACA JUGA: IslamposAid Serahkan Sedekah untuk Jompo di Plered, Purwakarta, Total Rp 1 Juta!

RasulullahSAW menjawab, “Boleh” Sa’ad bertanya lagi, “Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?”, Beliau menjawab, “Sedekah berupa air minum” (HR. An Nasa’i no.3666).

Dalam riwayat lain terdapat tambahan, “Al Hasan Al Bashri mengatakan: itulah latar belakang adanya pengairan air dari Alu Sa’ad (keluarga Sa’ad bin ‘Ubadah dan keturunannya) di Madinah.” (HR. Ahmad no.22459)

Bisa jadi inilah juga latar belakang banyak orang Arab yang suka bersedekah air minum dan juga banyak muhsinin (donatur) yang mewakafkan pembuatan sumur di banyak negara. Karena terdapat keutamaan yang besar dari sedekah berupa air. Dan karena air adalah unsur pokok dalam kehidupan manusia. Sehingga sedekah air memberikan manfaat yang besar bagi manusia. Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ibnu Hibban dalam Al Majruhin [2/1], Ath Thabrani dalam Al Ausath [5787]. Dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Jami’ no.3289).

Demikian juga, kisah pezina yang memberi minum anjing yang kehausan juga diambil faedah oleh para ulama sebagai anjuran untuk bersedekah air. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Rasullah SAW bersabda,

“Seorang wanita pezina diampuni oleh Allah. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di sisi sebuah sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan. Si wanita pelacur tersebut lalu melepas sepatunya, dan dengan penutup kepalanya. Lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya ini, dia mendapatkan ampunan dari Allah.” (HR. Al Bukhari no.3321, Muslim no.2245).

Istilah al muumisah dalam hadits disebutkan maknanya dalam Lisaanul Arab, “Wanita muumis atau muumisah artinya: wanita ahli maksiat, pezina, yang menggoda orang-orang yang menginginkannya.”

BACA JUGA: Ini 4 Manfaat Dunia dan Akhirat bagi Orang yang Bersedekah

Syaikh Musthafa Al ‘Adawi hafizhahullah menjelaskan,

“Dan di antara sedekah jariyah yang paling utama adalah memberi sedekah air minum. Tidakkah anda melihat bahwa penghuni neraka meminta minuman kepada penghuni surga. Mereka (penghuni neraka) mengatakan: ‘Berikanlah kami curahan air kepada kami, atau apa saja yang Allah berikan kepada kalian” (QS. Al A’raf: 50).

Oleh karena itu hendaknya kita bersemangat untuk bersedekah berupa air. Baik berupa sedekah air minum, pembangunan air sumur, pengairan sawah dan ladang, dan semisalnya. []

SUMBER: MUSLIMAH



Source link

SebelumnyaSaat Jima Jadi Pelepas Penat SesudahnyaIngin Hidup lebih Lama, Ini 5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar