Keutamaan Berbuat Baik kepada Tetangga
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Keutamaan Berbuat Baik kepada Tetangga

Terbit 5 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : adab bertetangga / Hadits / memuliakan tetangga / Syi'ar / Tetangga


MANUSIA adalah makhluk sosial. Ini menandakan bahwa kita ini tidak bisa hidup seorang diri, tanpa bantuan dari orang lain. Sebagai makhluk sosial, maka kita pun pelu berlaku baik pada orang lain. Hal ini demi menciptakan perdamaian dan ketentraman dengan sesama.

Sehingga, ketika kita memerlukan sesuatu, kita tidak bingung mencari orang lain yang akan membantu. Dan orang yang paling dekat dengan kita itulah yang harus diperlakukan dengan baik. Salah satunya ialah tetangga.

BACA JUGA: Hai Adam, Tetangga Seperti Apakah Aku Ini bagimu?

Tetangga mempunyai kedudukan yang sangat tinggi di dalam diri Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Jibril senantiasa berwasiat kepadaku tentang tetangga hingga aku mengira bahwa tetangga akan menjadi ahli waris,” (Muttafaq alaih).

Rasulullah berwasiat kepada Abu Dzarr RA, “Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak gulai maka perbanyaklah kuahnya, dan bagikan kepada tetanggamu,” (HR. Muslim).

Beliau juga memperingatkan agar tidak mengganggu tetangga. Beliau bersabda, “Tidak masuk surga siapa yang tetangga tidak aman dari gangguannya,” (HR. Muslim).

BACA JUGA: Berbuat Baik pada Tetangga Menurut Islam

Berbahagialah tetangga yang dikatakan oleh Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah berbuat baik kepada tetangganya,” (HR. Muslim). []

Sumber: Suatu Hari di Rumah Rasulullah/Karya: Abdul Malik al Qasim/Penerbit: Daarul Qaasam



Source link

SebelumnyaPerbaiki Hubunganmu Dengan Allah, Allah Perbaiki Semua Hidupmu … – Islampos Sesudahnya5 Amalan Pengingat Kematian – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar