Kapan Niat Kurban Dilakukan, Haruskah saat Penyembelihan?
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Kapan Niat Kurban Dilakukan, Haruskah saat Penyembelihan?

Terbit 27 July 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / Idul Adha / Kurban / niat kurban / penyembelihan kurban / Tanya Jawab / zulhijjah
Kapan Niat Kurban Dilakukan, Haruskah saat Penyembelihan?


TANYA: Jika proses penyembelihannya diwakilkan, kapan orang yang hendak berkurban itu memulai niatnya? 

JAWAB: Dikutip dari NU Online dijelaskan bahwa pada dasarnya niat dalam berkurban dilaksanakan saat penyembelihan hewan kurban. Jika penyembelihan hewan tersebut diwakilkan kepada orang lain dan orang yang berkurban sudah berniat dalam hatinya bahwa ia hendak berkurban, maka niatnya sudah sah walaupun nanti saat penyembelihan, tukang jagal tidak lagi niat dengan niat khusus. Bahkan seandainya penyembelih hewan kurban tidak tahu sekalipun, kurbannya tetap sah.

BACA JUGA: Belum Akikah, Bolehkah Berkurban?

“Apabila seseorang mewakilkan penyembelihan kurban, maka cukup niatnya orang yang mewakilkan saja. Tidak dibutuhkan niatnya orang yang menerima perwakilan (penyembelih), bahkan meskipun apabila penyembelih tidak mengetahui bahwa yang disembelih merupakan hewan kurban sekalipun, tidak menjadi menjadi masalah,” (Syekh Abu Bakar bin Muhammad Syatho Ad-Dimyathi, I’anatuht Thalibin, [Darul Fikr: cet I, 1997], juz 2, halaman 379-380).

BACA JUGA: Sering Ditemukan di Masyarakat, Inilah 11 Kesalahan dalam Pelaksanaan Kurban

Sebagian ulama ada yang berpandangan lain. Niat bagi orang yang mewakilkan penyembelihan hewan kurbannya kepada orang lain bisa dilakukan saat menyerahkan atau saat penyembelihan. Ada sebagian kecil pendapat ulama yang justru menganggap tidak sah apabila niatnya hanya saat menyerahkan saja. 

Kemudian ada ulama yang menengahi perbedaan pandangan tersebut dengan memberikan batasan: apabila orang yang berkurban belum pernah niat sama sekali, maka niat tetap harus dijalankan oleh pelaksana penyembelihan hewan kurban. 

 



Source link

SebelumnyaDiakui Dunia, Inilah Ilmuwan Muslim yang Ahli soal Mesiu SesudahnyaKecerdikan Hakim Iyas Mengecoh Pengkhianat

Berita Lainnya

0 Komentar