Inilah Manfaat dan Keistimewaan 6 Buah-buahan yang Disebut dalam Alquran (2-Habis)
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Inilah Manfaat dan Keistimewaan 6 Buah-buahan yang Disebut dalam Alquran (2-Habis)

Terbit 13 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : alquran / buah / Hadits / Miracle of Quran


BUAH-buahan itu punya banyak manfaat bagi kesehatan. Apalagi, buah-buahan yang disebutkan dalam Alquran.

Mari kita lihat keistimewaan 3 dari 6 buah-buahan yang disebutkan dalam Alquran berikut ini:

BACA JUGA: Inilah Manfaat dan Keistimewaan 6 Buah-buahan yang Disebut dalam Alquran (1)

Kurma

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (QS Marya: 25)

Kurma adalah salah satu buah termanis yang pernah ada dan juga tersedia dalam berbagai varietas. Meski kurma bisa dimakan segar, buahnya sangat sering dikeringkan, menyerupai kismis atau plum.

Manfaat dan keutamaan kurma sudah sangat terkenal. Apa saja?

1. Kurma merupakan sumber protein yang kaya, serat makanan dan kaya vitamin B1, B2, B3 dan B5 bersama dengan vitamin A1 dan C.

2. Kurma membantu meningkatkan sistem pencernaan karena mengandung serat larut dan tidak larut serta berbagai jenis asam amino.

3. Kurma adalah penguat energi yang bagus karena mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa.

4. Kurma kaya kalium dan rendah natrium. Ini membantu mengatur sistem saraf yang sehat dan penelitian telah menunjukkan bahwa ini mengurangi risiko stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

5. Kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan sangat berguna dalam mengobati anemia.

6. Kurma membantu orang yang menderita sembelit. Ini juga dikatakan membantu menyembuhkan kanker perut. Hal terbaiknya adalah tidak memiliki efek samping pada tubuh dan sepenuhnya alami serta bekerja lebih baik daripada obat.

7. Kurma juga membantu dalam meningkatkan penglihatan dan membantu menyembuhkan rabun senja juga.

8. Sejumlah besar mineral yang ditemukan dalam kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit yang menyakitkan dan melemahkan seperti osteoporosis.

9. Kurma matang mengandung potasium, yang dikenal sebagai cara efektif mengendalikan diare.

BACA JUGA: Ini 5 Buah Langka Asli Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Pisang

“dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).” (QS Waqiah: 29)

Pohon pisang sebenarnya adalah tumbuhan perdu berbunga terbesar di dunia, dan meskipun ada banyak varietas berbeda, pohon ini hampir semuanya memanjang, memiliki buah-buahan agak melengkung dengan kulit luar berdaging yang dapat dengan mudah dihilangkan untuk memperlihatkan daging putih ke kuning.

Apa manfaat dan keistimewaan pisang?

1. Pisang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena satu buah pisang hanya memiliki kurang lebih 90 kalori. Ini juga mengandung banyak serat dan mudah dicerna.

2. Pisang menurunkan tekanan darah dan digunakan untuk mengobati alergi. Selain membantu menurunkan berat badan, pisang juga bisa bermanfaat untuk menambah berat badan.

3. Pisang mengandung banyak serat makanan sehingga membantu melancarkan buang air besar dan meredakan sembelit.

4. Pisang digunakan untuk mengobati anemia, berperan penting dalam pengembangan sel dan otot, menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Bunga pisang yang dimasak membantu meredakan nyeri dan pendarahan yang berlebihan selama siklus menstruasi serta gangguan menstruasi lainnya.

5. Pisang memiliki polifenol, senyawa antioksidan yang berdampak positif pada fungsi ginjal dan akumulasi racun, sekaligus menstimulasi fungsi ginjal.

BACA JUGA: Sejuta Manfaat Buah Kurma

Buah Tin (ara)

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.” (QS Tin: 1)

Dianggap eksotis di beberapa wilayah di dunia, buah ara terasa manis dan berair saat matang. Diserbuki oleh tawon kecil, pohon tin atau ara tidak pernah mekar karena bunganya berada di dalam, menghasilkan lusinan dan terkadang ratusan biji kecil yang memberikan tekstur unik dan renyah pada buahnya.

Apa keistimewaan dan manfaat ara atau buah tin ini?

1. Buah ara kering merupakan sumber mineral, vitamin dan antioksidan yang sangat baik. Ada 5 gram serat dalam setiap porsi tiga buah ara. Konsentrasi serat yang tinggi ini membantu meningkatkan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah sembelit.

2. Serat dalam buah ara juga membantu menurunkan berat badan dan sering direkomendasikan untuk orang gemuk

3. Buah ara mengandung Pektin, yang merupakan serat larut, yang pada gilirannya membantu menurunkan kolesterol. Buah ara kering mengandung fenol, Omega-3 dan Omega-6. Asam lemak ini mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

4. Kehadiran serat membantu merangsang penghapusan radikal bebas dan zat penyebab kanker lainnya, terutama di usus besar, karena serat meningkatkan pergerakan usus yang sehat.

5. Buah ara bertindak sebagai makanan berserat tinggi yang membantu meningkatkan kontrol fungsional diabetes. Daun ara mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh pasien diabetes yang harus rutin minum suntik insulin.

6. Teh daun ara telah populer diresepkan untuk berbagai kondisi pernapasan seperti bronkitis, dan juga digunakan sebagai cara untuk mencegah dan mengurangi gejala pasien asma.

7. Kandungan lendir yang tinggi pada buah ara membantu menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan. Sifat menenangkan dari buah ara dan jus alaminya dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara. []

SUMBER: MUSLIMINK



Source link

SebelumnyaIngin Anak Anda tumbuh Tinggi? Rutin Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini – Islampos SesudahnyaAlquran Sebagai Mukjizat Terbesar – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar