Inilah Anggota Keluarga Imran, Keluarga Ibu Nabi Isa – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Inilah Anggota Keluarga Imran, Keluarga Ibu Nabi Isa – Islampos

Terbit 20 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Ali Imran / Hadits / Imran / Keluarga Imran / Kisah Nabi / Maryam / Nabi Isa
Inilah Anggota Keluarga Imran, Keluarga Ibu Nabi Isa – Islampos


NABI Isa as, merupakan satu-satunya Nabi yang hanya memiliki seorang ibu, tanpa ayah. Kehadiran nabi Isa sendiri merupakan salah satu tanda keagungan Allah SWT. Sebab nabi Isa lahir dari seorang wanita yang suci (gadis).

Dilah Maryam, yang namanya terukir sebagai nama di salah satu surat dalam Alquran. Begitu pula dengan keluarganya. Maryam berasal dari keluarga Imran, yang namanya juga disematkan sebagai nama salah satu surat dalam Alquran yakni Ali Imran.

Keluarga Maryam yang juga menjadi silsilah garis keturunan nabi Isa, merupakan keluarga yang mulia. Keluarga ini beranggotakan orang-orang yang terpilih oleh Allah SWT.

إِنَّ اللّهَ اصْطَفَى آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِن بَعْضٍ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ‘Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing), (sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (turunan) dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imran: 33-34)

BACA JUGA: Ini Kata Ustaz Adi Hidayat tentang Keteladanan Keluarga Imran

Nah, siapa saja anggota keluarga Imran yang istimewa itu?

1 Imran

Keluarga Imran dinisbatkan kepada seseorang yang bernama Imran bin Matsan bin Al-Azar bin Al-Yud… bin Sulaiman bin Daud ‘alaihis salam. Nasabnya tersambung hingga ke Nabi Daud ‘alaihis salam.

Dalam bahasa Ibrani, Imran disebut dengan Imram. Dalam buku-buku Nasrani namanya disebut dengan Yuhaqim.

Keluarga Imran adalah turunan (cabang) terakhir orang-orang beriman dari Bani Israil. Namun antara mereka dengan Nabi Ya’qub terpisah beberapa kurun lamanya.

2 Hannah

Istri Imran bernama Hannah binti Faquda. Ada juga yang menyebut Qa’uda bin Qubaila. Hannah adalah seorang wanita yang tekun beribadah. Sebagaimana kisahnya dalam Alquran,

إِذْ قَالَتِ امْرَأَتُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“(Ingatlah), ketika isteri ‘Imran berkata: “Ya Rabbku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. Ali Imran: 35)

BACA JUGA: Belajar dari Keluarga Ibrahim Alaihissalam

3 Asy-ya’

Asy-ya’ adalah putri sulung Imran. Ia dinikahi oleh Nabi Zakariya ‘alaihis salam. Dan merupakan ibu dari Nabi Yahya ‘alaihis salam. Ada juga mengatakan ia adalah bibinya Maryam, bukan saudara perempuannya.

4 Maryam

Maryam adalah wanita ahli ibadah dan suci. Ia merupakan ibu dari nabi Isa ‘alaihis salam. Putri Imran yang satu ini adalah wanita terbaik dan sempurna yang tercatat dalam sejarah. []

SUMBER: RUMAYSHO

 



Source link

Sebelumnya8 Prinsip Menghafal Quran Sesudahnya10 Fakta Sehat Berhubungan Suami Istri yang Halal dan Sah (2-Habis)

Berita Lainnya

0 Komentar