Ini Porsi MPASI untuk Bayi 6 Bulan – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini Porsi MPASI untuk Bayi 6 Bulan – Islampos

Terbit 8 April 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Bayi / Bayi 6 bulan / Hadits / MPASI / Porsi Makan bayi / Tahukah Anda
Ini Porsi MPASI untuk Bayi 6 Bulan – Islampos


BUNDA yang baru memulai memberikan MPASI di usia 6 bulan, tentu bertanya-tanya seberapa banyak porsi makan Si Kecil? Jangan sembarangan lho, Bun. Apalagi sampai menyamakan porsi makan bayi dengan orang dewasa.

Bayi usia 6 bulan masih makan dalam porsi sangat sedikit karena kapasitas lambung bayi pun masih kecil. Bunda bisa memberikan makanannya dalam porsi sekitar 2-3 sendok makan orang dewasa.

BACA JUGA: Aneka Ide Membuat MPASI untuk si Kecil

“Jumlah rata-rata MPASI setiap kali makan untuk bayi berusia 6–8 bulan dimulai sekitar 2–3 sendok makan dewasa dan kemudian ditingkatkan bertahap sampai sekitar 125 ml,” kata Dokter anak, dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K), dikutip Mommyclopedia 567 Fakta tentang MPASI.

Menurut Meta, kalau terlalu sedikit makannya, bayi atau anak tidak mendapat makanan yang cukup sesuai dengan kebutuhan energi mereka. Sedangkan apabila terlalu banyak, bayi jadi lebih sedikit menyusu. Di tahun pertama kehidupan, hal ini bisa menyebabkan bayi kekurangan asupan nutrisi totalnya.

Pada MPASI 6 bulan sampai 8 bulan, bayi yang masih menyusui itu, kata Meta, frekuensi pemberiannya sekitar 2-3 kali sehari. Jika bayi tidak mendapat ASI eksklusif, tambahkan 1–2 gelas susu per hari dan 1–2 porsi ekstra makanan utama per harinya. Namun, takaran tersebut hanya kisaran rata-rata, Bun.

Banner Mantan Artis FTV Jadi Pengasuh© Disediakan oleh HaiBunda Banner Mantan Artis FTV Jadi Pengasuh
Utamanya pemberian MPASI harus diberikan secara responsif, seperti yang direkomendasikan WHO. Maksudnya, anak diberikan makan sesuai sinyal lapar atau kenyang yang ia berikan. Bunda harus memperhatikan hal tersebut alih-alih memaksanya menghabiskan makanan yang disajikan.

“Jika orangtua tidak merespons tanda lapar dengan baik, bayi atau anak bisa kekurangan makan,” kata Dokter Meta.

Selain makan utama, bayi juga boleh diberikan selingan atau kudapan sebanyak 1–2 kali/hari, tergantung pada nafsu makannya. Kudapan itu maksudnya sebagai makanan yang dikonsumsi di antara waktu makan utama yang mudah disiapkan. Kudapan yang baik mengandung energi dan zat gizi lainnya.

Contoh kudapan yang baik di antaranya adalah yogurt, puding susu, roti dengan mentega, roti dengan selai, biskuit, dan buah. Sedangkan kudapan yang kurang baik misalnya yang mengandung tinggi gula namun rendah nutrisi seperti permen, cokelat, dan minuman soda.

Mengenai takaran MPASI bayi 6 bulan, Erin Hinga, M.S., R.D., ahli diet terdaftar, dalam laman Baby Center menjelaskan jumlah itu hanya rekomendasi umum. Jadi Bunda jangan khawatir kalau si Kecil makan lebih banyak atau lebih sedikit dari yang disarankan.

“Itu selalu menjadi ide yang baik untuk mendiskusikan rencana Anda untuk memulai makanan padat dengan dokter anak Anda sebelum memulai,” ujar Hinga.



Source link

SebelumnyaJangan Putus Asa karena Dosa SesudahnyaDari Sahur hingga Buka Puasa, Inilah 6 Amalan Sunah di Bulan Ramadhan – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar