Ini Alasannya Mengapa Mendidik Anak Harus Sesuai Zamannya
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini Alasannya Mengapa Mendidik Anak Harus Sesuai Zamannya

Terbit 8 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Anak / Hadits / Parenting / pendidikan


SETIAP orang tua membutuhkan ilmu dalam mendidik anak. Namun yang jarang disadari bahwa ilmu itu bersifat dinamis atau tidak tetap. Sehingga, keberadaan ilmu dan penerapannya harus menyesuaikan dengan kondisi zaman.

Rasulullah SAW bersabda, “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian.”

BACA JUGA: Peran Seorang Guru dalam Dunia Pendidikan

Rasulullah SAW mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini serba berubah. Hanya dengan jarak 10 sampai 20 tahun, sesuatu yang tadinya menarik, bisa menjadi usang dengan sendirinya. Begitu pula sesuatu yang hari ini mustahil, bisa jadi beberapa tahun mendatang menjadi hal yang sangat mudah.

Contohnya dalam hal teknologi. Seiring perkembangan zaman, teknologi mengalami perubahan yang menakjubkan. Termasuk terciptanya media sosial yang mengirim informasi begitu cepat.

Jadi dapat kita lihat, orang yang paling sukses adalah mereka yang paling cepat menguasai informasi hal ini ditandai dengan serba mudahnya kita mendapatkan akses untuk sebuah informasi melalui teknologi digital.

Semua orang bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, karena pada dasarnya manusia dianuegerahi kecerdasan, ada jutaan sel didalam kepala manusia untuk menopang itu. Bedanya adalah kesungguhan manusia untuk menggunakan otak, padahal semakin sering digunakan maka semakin pintar seseorang, tapi sebaliknya, semakin jarang otak digunakan maka otak akan semakin tumpul.

Sumber ilmu pengetahuan itu ada dalam Islam. Itu dijelaskan dalam banyak ayat dan hadita. Bahkan Allah akan meninggikan orang- orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat, dan sumber kebahagian dunia dan akhirat adalah dengan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA: Rumah Sakit Bersejarah di Turki akan Dijadikan Pusat Pendidikan Islam

Oleh karena itu, kondisi tersebut menjadi hal yang wajib menjadi concern utama bagi guru dan orang tua dalam mendidik anak dan mempersiapkan mereka agar percaya diri menghadapi tuntutan zamannya. Sehingga anak menjadi anak yang bermanfaat serta berdaya guna serta jadi amal kebaikan orang tua kelak.

Guru dan orang tua sangat berperan penting dalam membawa masa depan anak. Untuk itu, orangtua dan guru dapat berperan aktif dalam pendidikan anak- anak nya, sehingga tumbuh dan kembang sesuai yang dibutuhkan zaman dengan tidak lepas dari kontrol agama. []

SUMBER: REPUBLIKA



Source link

SebelumnyaSebab Dikabulkan dan Ditolaknya Doa SesudahnyaIni yang Terjadi Setelah Huwaitib Melihat Malaikat di Perang Badar – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar