Ini 8 Bahan Alami Buat Tingkatkan Kekuatan dan Daya Ingat Otak
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini 8 Bahan Alami Buat Tingkatkan Kekuatan dan Daya Ingat Otak

Terbit 30 March 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahan alami / daya ingat / Hadits / herbal / kekuatan otak / Kesehatan / makanan / Otak


SEMUA yang dimakan dan diminum akan mempengaruhi fungsi otak dan cara berpikir. Kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru, fokus pada tugas, dan mengingat ingatan semuanya dipengaruhi oleh jenis dan kualitas makanan yang dikonsumsi juga.

Makan makanan seimbang yang kaya nutrisi bisa jadi boosting daya ingat otak yang tidak hanya akan membantu meningkatkan daya ingat dan kekuatan otak, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit terkait penuaan seperti demensia dan Alzheimer.

Lantas, apa saja makanan yang dapat memboosting kekuatan otak?

BACA JUGA: Terbukti secara Ilmiah Mampu Meningkatkan Fungsi Otak, Inilah 8 Khasiat Daun Pegagan

Dikutip dari Wellbeing, berikut bahan alami yang dipercaya mampu meningkatkan kekuatan daya ingat otak:

Kunyit (Curcuma longa)

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kurkumin, senyawa aktif yang ditemukan dalam kunyit, dapat membantu melindungi otak. Kurkumin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah degenerasi saraf.

Para peneliti telah menemukan hubungan antara peningkatan kinerja kognitif dan konsumsi kunyit. Sebuah penelitian menunjukkan prevalensi penyakit Alzheimer yang lebih rendah dan kinerja kognitif yang lebih baik pada orang India yang mengonsumsi kurkumin dalam kari secara teratur.

Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Rosemary telah digunakan secara tradisional oleh tabib untuk meningkatkan kinerja mental dan daya ingat. Rosemary juga dapat digunakan sebagai minyak esensial yang ditambahkan ke minyak pijat atau pembakar minyak, atau ramuan segar atau kering dapat digunakan dalam memasak atau sebagai teh.

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan bakar otak yang sempurna karena melimpahnya asam lemak rantai menengah, sumber energi yang baik untuk otak. Belilah minyak kelapa peras dingin organik berkualitas baik. Minyak kelapa adalah minyak yang sehat untuk digunakan memasak pada suhu yang lebih tinggi karena tidak akan berubah menjadi lemak trans yang berbahaya.

Sebuah studi yang diterbitkan di Neurology menemukan bahwa orang yang diet tinggi lemak trans lebih cenderung mengalami penyusutan otak daripada mereka yang diet rendah lemak trans. Lemak yang merusak otak ini ditemukan dalam makanan cepat saji yang digoreng, makanan yang dipanggang secara komersial, dan beberapa margarin.

Salmon liar

Salmon liar adalah pilihan yang sangat baik dari ikan berminyak yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium untuk membantu mendukung kinerja dan memori otak yang optimal. Salmon liar juga kaya akan super antioxidant astaxanthin.

Kenari

Kacang kenari merupakan camilan peningkat otak yang hebat, mengandung asam alfa-linolenat untuk membantu meningkatkan daya ingat dan antioksidan yang disebut asam ellagic, yang membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Tambahkan kenari ke salad, makanan yang dipanggang, muesli atau saus celup atau gunakan mentega kenari yang dioleskan di atas roti panggang.

Buah Berry

Memasukkan lebih banyak Berry dalam makanan Anda adalah cara sederhana dan lezat untuk meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak Anda. Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam Annals of Neurology, wanita yang memiliki asupan buah beri yang lebih tinggi dalam makanannya memiliki tingkat kehilangan ingatan terkait usia yang lebih lambat.

Buah berry memiliki tingkat dua antioksidan kuat yang disebut antosianin dan flavonoid, yang dikaitkan dengan tingkat penurunan kognitif yang lebih rendah. Efek positif terlihat pada wanita yang hanya mengonsumsi ½ cangkir blueberry atau 1 cangkir stroberi seminggu. Dan, semakin banyak buah beri yang dimakan, semakin baik efeknya juga.

Teh hijau (Camellia sinensis)

Teh hijau  telah terbukti membantu meningkatkan daya ingat dan perhatian serta meningkatkan kejernihan mental. Efek menguntungkan teh hijau pada kognisi disebabkan oleh kombinasi L-theanine dan kafein. L-theanine memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi efek stimulasi kafein sambil tetap meningkatkan kemampuannya untuk meningkatkan fokus dan fungsi otak. L-theanine telah ditemukan untuk meningkatkan perhatian, terutama pada individu yang rentan terhadap kecemasan tingkat tinggi.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Sederhana Bikin Otak Lebih Pintar

Lesitin

Lesitin adalah sekelompok zat mirip lemak, termasuk fosfatidilserin (PS), penting untuk semua sel di tubuh termasuk sel otak. Sebagian besar membran sel otak kita terdiri dari PS. PS digunakan untuk membuat neurotransmitter asetilkolin, yang bertanggung jawab untuk penyimpanan dan pengambilan memori. PS membantu meningkatkan fokus dan perhatian dan juga memiliki sifat pelindung saraf yang dapat membantu mencegah penurunan kognitif terkait usia.

PS secara alami ditemukan dalam kedelai (butiran lesitin kedelai) dan kuning telur. Menambahkan 1-2 sendok makan butiran lesitin kedelai organik ke dalam sereal sarapan, salad, atau smoothie Anda adalah cara sempurna untuk meningkatkan fungsi otak Anda.

Telur

Telur adalah makanan kaya PS dan kolin yang meningkatkan memori, yang dibutuhkan untuk membuat neurotransmitter asetilkolin terlibat dalam memori. Telur juga menyediakan vitamin B yang meningkatkan otak.

Alpukat

Alpukat adalah sumber yang kaya vitamin E antioksidan yang membantu melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas. Mengonsumsi makanan tinggi vitamin E akan mendukung kesehatan otak dan meningkatkan kognisi, serta membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Sumber vitamin E baik lainnya termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian. Alpukat juga menyediakan banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat. []

SUMBER: WELLBEING

 



Source link

SebelumnyaIni Bahaya yang Jarang Disadari Manusia! – Islampos SesudahnyaKetika Makhlus Halus Menampakkan Diri – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar