Ini 7 Buah dan Sayur yang Punya Kandungan Racun
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini 7 Buah dan Sayur yang Punya Kandungan Racun

Terbit 30 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : buah / Hadits / Kesehatan / makanan / racun / Sayur


BUAH dan sayuran merupakan makanan bergizi. Keduanya menjadi asupan penting bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak di balik makanan yang sering kita konsumsi, ternyata beberapa diantaranya ada yang mengandung racun, termasuk di dalam buah dan sayuran.

Nah, berikut ini beberapa buah dan sayuran yang ternyata memiliki kandungan racun berbahaya.

BACA JUGA: 5 Tips Saat Membeli Buah-buahan

Hati-hati saat mengkonsumsinya, ya!

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang ternyata memiliki racun alami. Racun alaminya terletak pada biji apel. Biji apel mengandung racun Amygdalin yang dapat mengeluarkan sianida.

Sianida akan keluar apabila terjadi kontak dengan enzim pencernaan. Apabila sianida yang dikeluarkan cukup banyak, maka bisa menimbulkan keracunan. Jadi mulai sekarang, kalau makan apel jangan dengan bijinya ya!

Singkong

Singkong memiliki racun alami bernama glikosida sianogenik. Racun ini tidak hanya dimiliki singkong, namun juga dimiliki rebung. Efeknya terkena racun ini ialah penyempitan kerongkongan yang dapat mengakibatkan mual, muntah, dan pusing-pusing.

Kadar racun alami pada singkong yang tinggi ialah pada jenis singkong pahit. Keberadaan racun alami juga dikarenakan pengolahan yang tidak benar. Apabila singkong direbus kurang matang dan cenderung masih mentah, maka racun tersebut akan berubah menjadi hidrogen sianida yang bisa membuat tubuh keracunan.

Kacang Merah

Kacang merah ternyata memiliki racun alami yang bernama Fitohemaglutinin. Racun alami tersebut akan hilang apabila pengolahan kacang merahnya benar.

Memilih kacang merah yang tidak kisut dan keriput menjadi kunci agar kacang merah terhindar dari racun alami. Pastikan kacang merah berwarna mengkilat serta tidak berkecambah dan bertunas. Setelah itu, cuci bersih kacang merah, dan rendam semalaman.

Setelah direndam kemudian direbus. Apabila langkah pencegahan ini disepelekan maka racun alami kacang merah akan mengakibatkan mual, muntah, sakit perut, dan diare.

Tomat

Bahan dasar sambal selain cabe ini ternyata juga memiliki racun glikol koloid. Glikol koloid ini akan menyebabkan keracunan. Racun ini umumnya terdapat di tomat yang berwarna hijau atau tomat yang belum matang. Jadi, perlu diingat kalau memilih tomat pastikan tomatnya sudah benar-benar matang agar tidak mengeluarkan racun alami.

BACA JUGA: Ini 7 Buah yang Baik Buat Nutrisi Kulit, Muslimah Harus Tahu nih

Seledri

Seledri sebenarnya aman-aman saja kalau dikonsumsi. Hanya saja apabila dikonsumsinya dengan cara direbus 2 kali, akan membuat seledri mengeluarkan zat nitrit. Zat nitrit ini bisa berbahaya karena akan memicu kanker.

Bayam

Sama dengan seledri, bayam juga berbahaya bagi tubuh apabila dipanaskan 2 kali. Selain dipanaskan 2 kali, bayam juga akan berbahaya jika kamu memasaknya terlalu lama. Bayam yang terlalu matang akan mengandung racun asam oksalat. Asam oksalat ini terbukti bisa memicu tumbuhnya kanker. Sepele, tapi wajib diperhatikan ketika memasak bayam, ya!

Leci

Buah berwarna merah dan terlihat cantik ini, seringkali dipakai saat menyajikan roti tart. Rasanya yang manis membuat buah leci digemari banyakorang. Namun yang harus kamu tahu, leci ini jangan sampai dikonsumsi saat perut kosong. Hal ini dikarenakan ada racun bernama MCPG.

Racun MCPG ini bisa menghambat produksi gula dalam tubuh. Efeknya apabila produksi gula dalam tubuh terhambat badan mudah merasa lemas dan lesu. []

SUMBER: BEAUTYNESIA



Source link

SebelumnyaShalat Bermanfaat Bagi Kesehatan Punggung – Islampos SesudahnyaMiliter Afsel Ubah Aturan, Tentara Wanita Kini Boleh Berhijab

Berita Lainnya

0 Komentar