Ini 5 Fakta Menarik tentang Gua Hira
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini 5 Fakta Menarik tentang Gua Hira

Terbit 19 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : fakta / gua hira / Hadits / jabal nur / Tahukah Anda / wahyu pertama


INILAH fakta-fakta tentang Gua Hira yang perlu diketahui setiap muslim. Fakta-fakta menarik ini tentunya dapat memperkaya khazanah keislaman kita.

Dikenal juga sebagai Jabal nur

Dua mil dari Kabah, terletak sebuah gunung bernama Hira. Ia juga dikenal sebagai Jabal Nur dan Jabal Hira. Jabal Nur berarti “gunung cahaya”. Lokasinya menjadi tempat ziarah yang paling sering disukai di Mekkah.

BACA JUGA: Uzlah Rasulullah di Gua Hira’

Ruang Gua Hira

Gua Hira adalah gua kecil berdimensi panjang 4 meter dan lebar 1,5 meter. Gunung itu sendiri memiliki kemiringan 380 meter membentuk ketinggian 500 meter. Ia memiliki bentuk yang menyerupai punuk unta.

Sementara Jabal Hira sendiri luasnya sekitar 5,2 meter persegi. Ada lebih dari 1.000 anak tangga disana yang harus ditapaki untuk bisa sampai ke gua Hira.

Wahyu Pertama

Wahyu pertama Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW disampaikan Malaikat Jibril di Gua Hira. pada bulan Ramadan, tahun 610. Disebutkan dalam Alquran bahwa malam itu merupakan malam Lailatul qadar.

Wahyu pertama yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira adalah QS Al Alaq ayat 1-5.

Malaikat Jibril datang ke gua ini

Pada suatu malam, malaikat itu tampak seperti laki-laki dan berkata kepada Nabi SAW: “Bacalah!”.

Nabi SAW menyatakan bahwa dirinya tidak bisa membaca.

Lebih lanjut, malaikat meminta dia untuk membaca, dua kali lagi dan berulang kali. Tetap, Nabi SAW menjawab bahwa dirinya tidak dapat membaca. Terakhir, malaikat Jibril pun membacakan QS kelanjutan dari QS Al Alaq hingga ayat 5, yang merupakan wahyu pertama.

Awal Kenabian

Atas wahyu ini, kenabian Muhammad SAW dimulai. Ketika Beliau SAW keluar dari Gua Hira, di tengah jalan turun dari gunung, sebuah suara memasuki telinga-Nya

“Wahai Muhammad, kamu adalah utusan Allah… ”

Malam yang sulit

Nabi SAW melihatnya dan mulai bergerak maju. Tapi yang mengejutkan, malaikat itu hadir di cakrawala di segala arah di mana dia meletakkan pandangannya. Sampai Jibril lolos, Nabi SAW menjadi ketakutan. Saat kembali ke rumah, beliau pun meminta Khadijahuntuk menutupi-Nya agar dirinya bisa merasa tenang.

Sejak itulah wahyu Alquran berangsur-angsur diturunkan selama 22 tahun lebih. []

SUMBER: THE ISLAMICINFORMATION



Source link

SebelumnyaMasa Kejayaan Islam di Bumi Andalusia SesudahnyaKhutbah Jumat Keutamaan dan Amalan di Bulan Rajab

Berita Lainnya

0 Komentar