Ini 5 Bahayanya Tidak Berhenti Makan sebelum Kenyang
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini 5 Bahayanya Tidak Berhenti Makan sebelum Kenyang

Terbit 18 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : bahaya makan kekenyangan / berhenti makan sebelum kenyang / Hadits / Kesehatan


NABI Muhammad memerintahkan umatnya untuk berhenti makan sebelum terlalu kenyang. Nabi membolehkan umatnya makan dengan kenyang, namun tidak berlebihan sehingga membuat perutnya terlalu penuh. Berikut ini kajian medis jika perut dalam kondisi terlalu kenyang.

Terjadi gangguan pencernaan akibat perut terlalu penuh.

Idealnya perut sebaiknya terdiri tiga bagian 1/3 bagian makanan, 1/3 air dan yang penting juga 1/3 udara. Jika makanan dalam lambung terlalu penuh, maka enzim tidak dapat mencerna makanan secara sempurna.

BACA JUGA: Makanlah Sedikit-sedikit, Bukan Sedikit-sedikit Makan

Makanan yang tidak tercerna sempurna ini akan masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas. Inilah yang menyebabkan wasir, kembung, hingga dapat berakibat muntah dan diare.

Makan berlebihan hingga kekenyangan dapat melonjaknya kadar gula darah.

Ketika kadar gula darah melambung tinggi otomatis tubuh akan segera memproduksi hormon insulin besar-besaran untuk menurunkan kadar gula darah.

Kebisaan makan berlebihan yang berdampak pada melonjaknya kadar gula darah tersebut akan mendorong tubuh lebih pandai menyimpan lemak dari pada menggunakannya dampaknya bobot tubuh akan membengkak.

Tidak berhenti makan sebelum kenyang juga berdampak terhadap kebugaran.

Pola makan ini membuat saluran pencernaan menjadi kerja lebih keras untuk mencerna banyaknya makanan yang telan. Inilah yang membuat tubuh menjadi lebih lemas dan tidak bertenaga.

Jika gula darah yang melonjak akan berakibat pada produksi insulin yang melimpah dan memicu asam amino masuk kedalam otak kita dan akibatnya kita menjadi mengantuk. Inilah yang membuuat orang menjadi lesu akibat kekenyangan.

Makan terlalu kenyang juga dapat membuat sesak nafas.

Saat banyak makanan yang mengandung karbohodrat masuk ke tubuh, maka akan banyak karbondioksida yang diproduksi dari makanan. Akibatnya Tubuh akan kelebihan karbondioksida dan kekurangan oksigen untuk bernafas.

BACA JUGA: Bahaya Makan Tak Teratur bagi Kesehatan Tubuh

Saat perut sering kekenyangan, maka tubuh akan menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak.

Inilah yang menyebabkan obesitas yang mengundang berbagai macam penyakit seperti jantung, darah atau penyakit yang biasanya bersifat kronis membutuhkan waktu dan biaya banyak untuk penanganannya.

Inilah hikmah dari Hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya “Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.”[]

SUMBER: INFOYUNIK



Source link

SebelumnyaMengqadha Puasa Ramadhan karena Melahirkan, Bagaimana? SesudahnyaPandangan Imam Al-Ghazali Mengenai Ekonomi

Berita Lainnya

0 Komentar