Ini 10 Tips Biar Belajar Daring Lebih Efektif – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini 10 Tips Biar Belajar Daring Lebih Efektif – Islampos

Terbit 2 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : belajar / daring / Hadits / pembelajaran jarak jauh / pendidikan / tips
Ini 10 Tips Biar Belajar Daring Lebih Efektif – Islampos


SELAMA masa pandemi Covid-19, sekolah dan perguruan tinggi menerapkan pembelajaran jarak jauh secara daring di rumah. Meski belajar dari rumah, pembelajaran harus lah tetap bisa efektif.

Tak dipungkiri, beragam kendala muncul dalam proses pembelajaran secara daring ini. Anak kadang menjadi kurang fokus. Orang tua pun kerepotan karena harus terlibat langsung membantu anak belajar di rumah.

Lantas, bagaimana caranya agar pembelajaran jarak jauh secara daring ini bisa lebih efektif dan efisien?

BACA JUGA: Semua Tentang Belajar dan Membenahi Diri

Dilansir dari India Today, berikut tips belajar efektif selama pandemi yang cocok diterapkan mahasiswa, siswa, dan orang tua yang membimbing belajar di rumah:

1 Jangan Lama-lama di Depan Laptop

Penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan. Luangkan waktu untuk belajar dan fokus. Setelah selesai, tetapkan waktu untuk menyegarkan diri dengan mendengarkan musik, tidur siang, atau apa pun yang kamu suka.

2 Berkomunikasi dengan Orang Lain di Rumah Kalau Lagi Belajar Online

Sangat penting untuk memberi tahu anggota keluarga bahwa kamu sedang belajar. Ini untuk menghindari gangguan yang tidak perlu. Ini juga akan memberi kesempatan bagimu untuk berkonsentrasi.

3 Fokus

Tidak ada gunanya belajar saat kamu tidak fokus. Maka, selama jadwal belajar, usahakan agar bisa tetap fokus.

Saat merasa bosan atau tidak fokus, kamu bisa istirahat sejenak, peregangan diri, makan camilan, dan kembali belajar.

4 Beri Hadiah

Saat kamu bisa belajar dengan giat, jangan lupa untuk menghargai diri sendiri. Hal ini juga bisa dilakukan orang tua. Beri anak hadiah jika belajar dengan giat. Hadiahi dengan makan makanan penutup favorit, menonton serial web favorit atau hanya tidur, apa pun yang disuka.

5 Teruslah Membaca

Membaca bukan hanya untuk kesenangan atau untuk referensi, jadi teruslah membaca. Penelitian menunjukkan bahwa membaca meningkatkan kosakata dan meningkatkan tata bahasamu. Ini juga membantu menstimulasi pikiranmu di waktu senggang.

6 Tetapkan Tujuan

Tetapkan beberapa tujuan realistis yang dapat dicapai selama belajar adalah salah satu cara belajar efektif Sasaran atau target memang biasanya sesuatu yang tidak mudah dicapai atau sulit dicapai. Maka, hargailah dirimu saat bisa mencapainya.

7 Menjaga Kesehatan Fisik

Menjadi aktif secara fisik sangat penting untuk otak yang aktif. Bermain di dalam ruangan, sering berolahraga, menari dan makan makanan sehat. Ketika kamu bugar secara fisik, kamu bisa memikirkan ide-ide yang lebih inovatif untuk menjadi lebih baik.

8 Kelola Kesehatan Mental

Sangat penting untuk mengelola kesehatan mentalmu di masa-masa sulit ini. Pelajari cara menyeimbangkan emosi. Seseorang yang kuat secara emosional seringkali lebih fokus dan berkonsentrasi pada tujuan yang ingin mereka capai.

BACA JUGA: Imam Abu Hanifah, Tekun belajar Ilmu Sepanjang Hayat

9 Selesaikan Tugas Tepat Waktu

Fokus untuk menjadi siswa yang lebih baik. Tingkatkan tulisan tangan, pelajari cara membuat catatan yang dapat kamu ingat untuk waktu yang lebih lama. Jadilah siswa yang terorganisir, selesaikan tugas tepat waktu, dan jadilah kreatif.

10 Jaga Hubungan Sosial

Tetap jaga hubungan sosial dengan teman sekolah dan teman main secara teratur juga merupakan cara belajar efektif. Caranya melalui obrolan video Whatsapp, Zoom Meeting, dan aplikasi lainnya.

Lakukan diskusi yang sehat tentang berbagai topik baik akademis maupun non akademis.

Isolasi sosial dapat menyebabkan kesepian. Pastikan kamu tetap terhubung dengan temanmu secara aman setiap hari. []

SUMBER: INDIA TODAY



Source link

SebelumnyaRumah adalah Nikmat – Islampos SesudahnyaBolehkah Shalat saat Memakai Hand Sanitizer Beralkohol?

Berita Lainnya

0 Komentar