Ini 10 Pesohor Muslim yang Harumkan Nama Amerika Serikat
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ini 10 Pesohor Muslim yang Harumkan Nama Amerika Serikat

Terbit 13 July 2020 | Oleh : Admin | Kategori : amerika serikat / AS / Dunia / Hadits / Muslim


ISLAM telah menjadi salah satu agama terbesar di dunia. Umat Islam tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk di negara-negara non muslim. 

Di negara adikuasa Amerika Serikat, Islam juga berkembang cukup pesat, terutama setelah peristiwa 9/11. Namun, sebelum itu, telah banyak tokoh-tokoh muslim yang berkiprah menyebarkan risalah Islam di AS. Selain berdakwah, ada pula beberapa muslim yang jadi pesohor dan mengharumkan AS.

BACA JUGA: Akon, Rapper Muslim AS: Kesuksesan sejati adalah Iman

Siapa sajakah mereka?

Berikut ini 10 tokoh Muslim yang mencetak sejarah, menyebarkan dakwah Islam bahkan mengharumkan nama AS di kancah global. 

Muhammad Ali

Mantan petinju terbesar dalam sejarah olahraga ini dihormati pula karena aktivitas sosialnya. Dia memeluk Islam pada tahun 1975. Ia mengatakan: “Kata Islam berarti damai. Kata Muslim berarti orang yang menyerahkan diri pada kepada Allah…. Kristen , Hindu adalah saudara saya, mereka semua adalah saudara saya. Kami hanya berpikir yang berbeda dan percaya berbeda.”

Kareem Abdul-Jabbar

Terlahir dengan nama Ferdinand Lewis Alcindor, Jr, pebasket legendaris ini mencetak rekor angka tertinggi sepanjang masa. Di bangku perguruan tinggi ia masuk Islam dan berganti nama. 

Mike Tyson

Tercatat sebagai juara dunia tinju kelas berat termuda dalam sejarah dengan usia 20 tahun, Mike Tyson adalah atlet olahraga paling populer di dekade 1980-an. Perjumpaannya dengan Islam berawal dari penjara, ketika ia menghabiskan masa kurungan dalam kasus pemerkosaan tahun 1992. Kini Tyson ikut terjun ke dunia sinema dengan membintangi berbagai film layar lebar.

Malcolm X

Kehilangan kedua orang tua sejak kecil, Malcolm X alias Malik el-Shabazz menjelma menjadi aktivis kemanusiaan yang menentang diskriminasi dan rasisme terhadap kaum kulit hitam. Kini Malcolm X tercatat sebagai salah satu warga Afrika-Amerika paling berpengaruh dalam sejarah.

Yasiin Bey

Penyanyi hiphop dan aktor yang juga dikenal dengan nama Mos Def ini merupakan nominator Emmy Award, Grammy Award dan Golden Globe. Namun artis multi talenta ini lebih dikenal untuk aktivisme sosialnya, terutama pada isu-isu yang berkaitan dengan kebrutalan polisi dan pelanggaran hak asasi manusia.

Huma Abedin

Huma Abedin pernah menjadi wakil kepala Departemen Luar Negeri AS. Kini ia dipercaya sebagai wakil ketua kampanye Hillary Clinton yang maju sebagai bakal calon kandidat presiden AS.

Fareed Zakaria

Ia pernah menjadi editor majalah Time dan Newsweek International. Pria AS kelahiran India ini juga pernah meraih penghargaan sebagai kolumnis terbaik. Fareed yang menajdi warga Amerika lewat proses naturalisasi ini kini menjadi pembawa acara talkshow politik di CNN dan menulis kolom mingguan untuk Washington Post.

BACA JUGA: Kisah Mahershala Ali, Muslim AS Peraih Golden Globe Award 2019

Salman Khan

Ketika pebisnis ini bekerja sebagai analis, dia punya satu mimpi: membuat pendidikan lebih mudah diakses. Pada 2006, mimpi itu menjadi kenyataan ketika ia meluncurkan Khan Academy, yaitu pembelajaran online yang memungkinkan orang mempelajari segala sesuatu, mulai dari matematika sampai pemrograman. Ia salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia, versi majalah Time 2012.

Shaquille O’Neal

View this post on Instagram

Nba all star weekend

A post shared by DR. SHAQUILLE O'NEAL Ed.D. (@shaq) on Feb 15, 2020 at 1:58pm PST

Meski tidak pernah mengungkapkan keyakinannya ke publik, Shaquille O’Neal dikenal dekat dengan Islam. Ia antara lain dibesarkan oleh seorang ayah tiri yang seorang muslim. Ketika masih bermain untuk klub Boston Celtics, Shaq bahkan pernah mengungkapkan niatnya untuk melakukan ibadah Haji.

Hakeem Abdul Olajuwon

Dengan tinggi badan lebih dari dua meter, Hakeem Abdul Olajuwon merupakan salah satu dari lima pemain legendaris NBA. Dia tak takut jika Donald Trump menjadi presdien, karena menurutnya,di AS, setiap hak warga negara dilindungi. []

SUMBER: 

Tulisan ini Ini 10 Pesohor Muslim yang Harumkan Nama Amerika Serikat pertama diangkat pada Islampos.





Source link

SebelumnyaIslamposAid Bantu Renovasi Masjid di Binangun Jawa Tengah SesudahnyaMenang Kalah Menghadapi Wabah

Berita Lainnya

0 Komentar