Ilmuwan Pertama yang Meneliti Jari-jari Bumi
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Ilmuwan Pertama yang Meneliti Jari-jari Bumi

Terbit 17 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / ilmuan / Ilmuan Islam / Ilmuan Pertama / Ilmuwan / Jari-jari Bumi / Tahukah Anda


Al-Biruni memiliki nama lengkap Abu Raihan Al-Biruni lahir di Kwarazmi, Turmenistan, daerah di kawasan danau Aral Asia tengah. Al-Biruni Merupakan salah satu matematikawan yang berasal dari dunia islam.

Tanggal kelahirann adalah pada tanggal 15 september 973 M dan meninggal pada tanggal 13 sepetember 1048 M. Selain seorang matematikawan Al-Biruni merupakan seorang astronom, fisikawan, ahli farmasi dan lain sebagainya.

Banyak karya-karyanya yang luar biasa dalam bidang matematika maupun bidang lain. Al-Biruni mampu menguasai 4 bahasa, yaitu bahasa Yunanai, bahasa Suriah, bahasa, Ber-ber, dan bahasa sansekerta.

BACA JUGA: Konsep Keilmuan Islam

la pernah mengembara sampai ke negara India hingga tidak salah apabila ia mampu menguasai bahasa sansekerta. Karya-karya Al-Biruni dimulai saat ia berusia 17 tahun. Saat berusia tujuh belas tahun Al-Biruni meneliti tentang bintang bagi Kath, Khwarizmi dengan menggunakan altitude maksima matahari.

Lanjut pada usia 22 tahun ia menulis tentang kajian proyeksi peta “kartografi”, yang merupakan suatu cara atau metodologi dalam membuat proyeksi belahan bumi dalam bidang datar.

Bukunya yang berjudul “Kronologi” ia tulis saat usinya 27 tahun. Yang luar biasa adalah Al-Biruni mampu melakukan penelitian mengenai radius atau jari-jari bumi. Dan hasil penelitian Al-Biruni jari-jari bumi adalah 6.339,6 kilometer. Dan penelitian Al-Biruni ini diulang oleh limuwan barat pada abad ke enam belas.

BACA JUGA: Adab dan Keilmuan dalam Islam

Banyak buku yang telah Al-Biruni tulis dalam bidang matmatika anatara lain: aritmatika dan teori praktis, penjumlahan seri, analisis kombinatorial, kaidah angka tiga, bilangan irrasional, teori perbandingan, definisi aljabar, metode pemecahan penjumlahan aljabar, geometri, teorema Archimedes dan sudut segitiga. []

Sumber: Biografi Tokoh Ilmuwan Dunia/ Penulis: Najichah/ Penerbit: Balai Pustaka, 2012



Source link

SebelumnyaWasiat Rasulullah SAW Menjelang Wafat SesudahnyaImam Masjid di AS Raih Penghargaan Pemimpin Antar Agama

Berita Lainnya

0 Komentar