Hukum Menikahi Anak Biologis Hasil Zina
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Hukum Menikahi Anak Biologis Hasil Zina

Terbit 12 February 2021 | Oleh : Admin | Kategori : anak hasil zina / bahaya zina / Hadits / Hukum Menikahi Anak Biologis Hasil Zina / hukum zina / Kolom / Zina
Hukum Menikahi Anak Biologis Hasil Zina


TITIK pembahasannya adalah, apakah seseorang yang menjadi mahram karena pernikahan yang sah dan halal, juga menjadi mahram jika itu hasil dari perzinaan?

Gambaran:

Fulan A dan Fulanah B menikah, kemudian Fulanah B melahirkan anak perempuan hasil pernikahannya, kita sebut Fulanah C. Fulanah C adalah anak dari Fulan A, dan jelas ia mahram baginya, dan Fulan A haram menikahi Fulanah C.

BACA JUGA: Ternyata, Hewan pun Jijik pada Zina?

Sekarang kita ubah, pernikahan dengan perzinaan. Fulan A berzina -wal ‘iyaadzu billah- dengan Fulanah B, kemudian Fulanah B melahirkan anak perempuan hasil perzinaannya, kita sebut Fulanah C.

Fulanah C boleh disebut anak biologis dari Fulan A, namun secara syar’i, ia bukan anaknya. Bolehkah Fulan A menikahi Fulanah C?

Mayoritas ahli fiqih menyatakan, Fulanah C haram dinikahi oleh Fulan A. Demikian juga, semua yang terkait dengan hubungan zina Fulan A dan Fulanah B, semisal cucunya dari anak hasil zina, keponakannya, dan seterusnya.

Artinya, jumhur fuqaha tidak membedakan konsekuensi kemahraman, baik hubungan dilakukan melalui pernikahan halal maupun melalui perzinaan.

BACA JUGA: Macam-macam Zina

Artinya, yang menjadi mahram karena pernikahan syar’i, juga menjadi mahram karena perzinaan.

Sedangkan Malik dan Asy-Syafi’i dalam pendapat yang masyhur dalam madzhabnya, tidak menganggap hasil perzinaan berkonsekuensi mahram.

Rujukan: Mausu’ah Masaail Al-Jumhur fi Al-Fiqh Al-Islami, karya Prof. Dr. Muhammad Na’im Muhammad Hani As-Sa’i, Jilid 2, Halaman 683, Penerbit Darussalam, Kairo, Mesir.

Penulis Mausu’ah Masaail Al-Jumhur merujuk pada: Al-Mughni, karya Ibnu Qudamah, Juz 7, Halaman 485.

Oleh: Muhammad Abduh Negara



Source link

SebelumnyaWHO: Kuwait Bantu Rawat 35.000 Pasien Kanker di Yaman SesudahnyaSelamatkan 2 Balita dan Ibunya dari Amukan Anjing Buas, 3 Muslim Inggris Dipuji sebagai Pahlawan

Berita Lainnya

0 Komentar