Hinanya Sifat Bakhil – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Hinanya Sifat Bakhil – Islampos

Terbit 12 December 2020 | Oleh : Admin | Kategori : bakil / Hadits / kikir / Pelit / sedekah / sifat bakhil / sifat pelit / Syi'ar
Hinanya Sifat Bakhil – Islampos


ORANG yang bersifat dermawan tentu menjadi salah satu yang paling dikasihi dan disanjungi oleh banyak orang. Keberadaan mereka sangat memberikan arti yang begitu baik bagi orang lain.

Bukan hanya itu, Allah SWT juga mencintai orang yang bersifat dermawan dengan kebaikan yang telah diperbuatnya.

Sebagaimana Abu Hatim RA mengatakan, “Tidak ada kebaikan dalam harta kecuali disertai dengan kedermawanan.”

BACA JUGA: Jangan Pelit pada Istrimu

Meski demikian, tak dapat dipungkiri bahwasanya banyak dari kita yang masih memiliki sifat bakhil, pelit, atau enggan untuk memberi.

Mereka inilah yang sangat sulit untuk mengeluarkan sedikit hartanya bagi orang lain yang membutuhkan. Ego dan hawa nafsu begitu mempengaruhi, sehingga membuatnya begitu berat untuk berbuat kebaikan pada orang lain.

Tahukah Anda, bahwa orang bakhil itu merupakan orang yang hina. Mengapa demikian? Lihatlah di lingkungan sekitar kita, bagaimana orang-orang yang memiliki kelebihan harta tapi enggan memberi memiliki kedudukan yang tidak begitu berarti di masyarakat.

Banyak orang yang enggan untuk bergaul dengannya sepenuh hati. Kalaupun ada, orang itu pasti memiliki pikiran buruk di balik kebaikannya.

Hal ini telah jelas diutarakan oleh Abu Hatim RA, “Bakhil itu dicela dan dibenci.” Dan ternyata memang benar demikian.

BACA JUGA: Pelajaran dari Ibadah Kurban: Jangan Pelit Bersedekah

Di dunia saja sudah tidak ada yang mengindahkan keberadaannya, apalagi di akhirat kelak. Sebab, bakhil termasuk dalam sifat yang tercela. Sehingga, Allah SWT dan Rasul-Nya tidak menyukai orang-orang yang memiliki sifat ini.

Al-Muntashir bin Bilal RA berkata, “Sifat dermawan itu mulia dan sifat bakhil itu tercela.” []

Referensi: Ensiklopedi 1000 Nasihat Para Ulama/Karya: Mubasysyiroh Binti Mahrus Ali/Penerbit: Zam Zam Mata Air Ilmu



Source link

SebelumnyaLuruskan Pemahaman tentang Islam, Seorang Imam di Selandia Baru Gelar Pameran Alquran SesudahnyaBerhenti Mengeluh, jadilah Tangguh! – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar