Hati-hati dengan Keluhan
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Hati-hati dengan Keluhan

Terbit 2 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / keluhan / Kolom / semangka / Syeikh al-Imam Syaqiq al-Balkhi


Oleh: Ustad Satria Hadi Lubis

ALKISAH, pada suatu hari Syeikh al-Imam Syaqiq al-Balkhi membeli buah semangka untuk istrinya. Saat disantap istrinya ternyata buah semangka tersebut terasa hambar dan sang isteri pun marah.

Syeikh al-Imam Syaqiq menanggapi dengan tenang amarah istrinya itu, setelah selesai didengarkan amarahnya, beliau bertanya dengan halus:

BACA JUGA: Sama-sama Masuk Surga

“Kepada siapakah kau marah… wahai istriku?

“Kepada pedagang buahnya kah? atau kepada pembelinya? Atau kepada petani yang menanamnya?

“Ataukah kepada yang menciptakan buah semangka itu?” tanya Syeikh al-Imam Syaqiq.

Istri beliau terdiam.

Sembari tersenyum, Syeikh Syaqiq melanjutkan perkataannya:

“Seorang pedagang tidak menjual sesuatu kecuali yang terbaik. Seorang pembeli pun pasti membeli sesuatu yang terbaik pula! Begitu pula seorang petani, tentu saja ia akan merawat tanamannya agar bisa menghasilkan yang terbaik!

“Maka sasaran kemarahanmu berikutnya yang tersisa, tidak lain hanya kepada yang menciptakan semangka itu..!(Allah SWT).”

Pertanyaan Syeikh al-Imam Syaqiq menembus ke dalam hati sanubari istrinya. Terlihat butiran air mata menetes perlahan di kedua pelupuk matanya.

BACA JUGA: Roti Buatan Ibu

Syeikh al-Imam Syaqiq al-Balkhi pun melanjutkan ucapannya: “Bertaqwalah wahai istriku…Terimalah apa yang sudah menjadi ketetapan-Nya. Agar Alloh memberikan keberkahan pada kita.”

Mendengar nasehat suaminya itu, sang istri pun sadar, menunduk dan mengakui kesalahannya serta ridho dengan apa yang telah Alloh tetapkan.

Pelajaran terpenting buat kita adalah bahwa setiap keluhan yang terucap sama saja kita tidak ridho dengan ketetapan Allah SWT, sehingga barokah Allah jauh dari kita.

Wallahu a’lam bisshowab. []



Source link

SebelumnyaWajib Diketahui oleh Suami Istri, Ini Do’a Sebelum Berhubungan – Islampos SesudahnyaSiapa yang Menjamin Anda Masih Hidup Hingga Waktu Zuhur?

Berita Lainnya

0 Komentar