Hadis-Hadis Ini Menunjukkan Ajaran Islam terkait Pentingnya Kebersihan dan Kesehatan – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Hadis-Hadis Ini Menunjukkan Ajaran Islam terkait Pentingnya Kebersihan dan Kesehatan – Islampos

Terbit 27 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : hadis / Hadits / kebersihan / Kesehatan
Hadis-Hadis Ini Menunjukkan Ajaran Islam terkait Pentingnya Kebersihan dan Kesehatan – Islampos


KESEHATAN, kebersihan dan kebersihan menjadi perhatian besar dalam Islam.

Sementara beberapa ajaran spriritual mengabaikan perawatan diri dan kebersihan untuk mencapai tingkat spiritualitas tertentu, Islam mewajibkan membersihkan diri untuk persiapan shalat.

Menjaga kebersihan tidak hanya dipandang sebagai kebiasaan yang baik dalam Islam tetapi juga diwujudkan dalam ritual yang merupakan bagian dari keimanan itu sendiri. Seorang Muslim wajib bersih saat melaksanakan Shalat, termasuk membersihkan diri setelah menggunakan toilet dan berwudhu.

Dalam beberapa kasus, mandi dengan menyiramkan air ke seluruh tubuh menjadi wajib setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan.

BACA JUGA: Kesehatan Mulut Menurut Ilmu Pengetahuan dan Hadis

Selain itu, dorongan besar untuk membersihkan gigi seperti yang ditunjukkan dalam hadits di bawah ini mengungkapkan sejauh mana Islam berhati-hati bahkan untuk perincian kebersihan pribadi.

Tidak heran jika Islam peduli dengan kesejahteraan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Seorang mukmin yang sehat dan kuat lebih baik di sisi Allah daripada yang lemah karena yang pertama lebih memenuhi syarat untuk memenuhi tujuan Islam dan melayani umat manusia.

Berikut beberapa hadis yang menunjukkan beberapa contoh pendirian Islam tentang kesehatan dan kebersihan:

1 Kebersihan dan iman

Abu Malik Al-Ash`ari (ra dengan dia) melaporkan bahwa Rasulullah (damai dan berkah besertanya) berkata: “ Kesucian adalah setengah dari iman (iman).“

2 Menyikat gigi

`Aisyah meriwayatkan bahwa Nabi SAW berkata, “Miswak (ranting yang digunakan untuk menyikat gigi) membersihkan dan memurnikan mulut dan menyenangkan Tuhan.” (HR An-Nasa’i dan Ibn Khuzaimah; disahkan oleh Al-Albani)

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berkata,

“Jika saya tidak membebani pengikut saya, saya akan memerintahkan mereka untuk menggunakan siwak sebelum setiap doa.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

3 Kebersihan pribadi adalah sifat dasar manusia

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi SAW berkata:

“Lima amalan fitrah (fitrah): sunat, mencukur daerah kemaluan, memotong kuku dan memotong pendek kumis.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4 Kebersihan dan hari-hari terbaik umat Islam

Abu Dzar meriwayatkan bahwa Nabi SAW berkata:

“Barangsiapa mandi pada hari Jumat dan melakukannya dengan baik, dan menyucikan dirinya sendiri dan melakukannya dengan baik, dan mengenakan pakaian terbaiknya, dan mengenakan apa pun yang Allah perintahkan untuknya tentang wewangian keluarganya, kemudian datang ke masjid dan melakukannya tidak terlibat dalam percakapan iseng atau memisahkan (mendorong di antara) dua orang; dia akan diampuni atas (dosa-dosanya) antara hari itu dan Jumat sebelumnya.” (HR Ibn Majah dan disahkan oleh Al-Albani)

Mu`adz meriwayatkan bahwa Nabi memperingatkan:

“Waspadalah terhadap tiga tindakan yang menyebabkanmu dikutuk: buang air di tempat teduh (yang dimanfaatkan orang), di jalan setapak atau di tempat berair.” (Hadis hasan, oleh Al-Albani)

Abu Dzar Al-Ghafari meriwayatkan bahwa Nabi SAW berkata:

“Menyingkirkan hal-hal yang merugikan dari jalan adalah tindakan sedekah (sadaqah ).” (Shahih oleh Al-Albani)

BACA JUGA: Jaga Kebersihan Dapat Pahala, Siapa Mau?

5 Menggunakan obat

Usamah ibn Sharik meriwayatkan:

“Saya datang kepada Nabi SAW dan para sahabatnya duduk (diam seperti) bagaikan mereka memiliki burung di kepala mereka. Saya memberi hormat dan duduk.

Orang Arab gurun kemudian datang dari sana-sini. Mereka bertanya: ‘Rasulullah, haruskah kita menggunakan perawatan medis?’

Rasulullah SAW menjawab, ‘Manfaatkanlah pengobatan, karena Allah tidak menjadikan suatu penyakit tanpa menetapkan obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu usia tua.’” (HR Abu Dawud dan disahkan oleh Al-Albani)

6 Kuat dan sehat

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disayangi Allah daripada yang lemah, dan keduanya baik. Mengejar dengan tekun apa yang menguntungkanmu, mencari bantuan hanya dari Allah, dan jangan menyerah.

Jika sesuatu menimpamu, jangan katakan, ‘Andai saja aku melakukan yang sebaliknya.’ Sebaliknya katakan, ‘Allah menentukan dan melakukan apa yang Dia kehendaki,’ karena ‘jika’ (berandai-andai) itu membuka pintu untuk pekerjaan Setan.” (HR Al-Bukhari)

7 Makan berlebihan itu tidak sehat

Al-Miqdam meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda:

“Tidak ada orang yang mengisi wadah lebih buruk dari pada perutnya. Beberapa suapan menjaga punggungnya tetap tegak sudah cukup untuknya. Jika harus, maka dia harus menyimpan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk pernapasannya.” (HR Imam Ahmad dan At-Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al-Albani) []

SUMBER: ABOUT ISLAM



Source link

SebelumnyaKasus Covid-19 Terus Meningkat, Gaza di Ambang Lockdown Total SesudahnyaMembaca Novel Romantis, Bagaimana Hukumnya? – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar