Gunung Everest Bertambah 1 Meter lebih Tinggi Selama 2020 – Islampos
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Gunung Everest Bertambah 1 Meter lebih Tinggi Selama 2020 – Islampos

Terbit 3 January 2021 | Oleh : Admin | Kategori : gunung Everest / Hadits / Muslimtrip / penelitian / Tinggi
Gunung Everest Bertambah 1 Meter lebih Tinggi Selama 2020 – Islampos


MOUNT Everest atau Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia yang berlokasi di antara perbatasan negara China dan Nepal. Bagian puncak paling tinggi berada di Tibet, China.

Masyarakat Tibet menganggap Gunung Everest sebagai tempat suci dan menyebutnya dengan nama Chomolangma atau Qomolangma yang dalam bahasa lokal memiliki makna Bunda Semesta.

Pada tahun 2020, para peneliti mengumumkan, ketinggian Gunung Everest telah bertambah hampir satu meter. Departemen Survel Nepal dan otoritas China menghitung ulang ketinggian gunung ini, dan hasilnya bertambah 86 cm menjadi 8.848,86 mdpl dari perhitungan sebelumnya.

Laporan pada Selasa (8/12/2020) tersebut mengungkap, gunung Everest lebih tinggi dua kaki dari yang diakui oleh pemerintah Nepal.

BACA JUGA: Masya Allah, Alquran Kabarkan Keajaiban Penciptaan Gunung

Nepal sebelumnya telah mencatat tinggi Gunung Everest 8.848 mdpl (29.028,87 kaki), sedangkan China mengukur ketinggian 8.845 mdpl (29.017,16 kaki). Antara Nepal dan China memang memiliki versi ketinggian Everest berbeda, keduanya silang pendapat.

Namun pada tahun ini, Nepal dan China membentuk tim gabungan untuk menghitung ulang ketinggian dari Gunung Everest. Kedua negara ini telah sepakat mengakhiri perselisihan beberapa tahun terakhir terkait besaran ketinggian Gunung Everest.

Penelitian untuk menghitung tinggi gunung ini ditentukan pertama kali pada tahun 1852 menggunakan teodolit dan GPS.

Kenapa Gunung Everest Bertambah Tinggi?

Di bawah selimut salju di Gunung Everest terdapat hamparan bebatuan dengan ketinggian 30.000 kaki yang terbentuk akibat adanya pergerakan lempeng tektonik. Bebatuan tersebut terus bergerak membentuk bidang yang menjadi fokus para peneliti. Di beberapa tempat, lempengan saling memisah membentuk lembah. Di tempat lain saling bertabrakan hingga terus mendorong Gunung Everest semakin tinggi ke langit.

BACA JUGA: Gunung di Langit, Terbukti Ada Lho!

Gunung Everest tercipta puluhan juta tahun lalu dari benturan tektonik lempeng India dan Eurasia. Benturan tersebut menghancurkan lanskap dan menaikkan tanah membentuk area pegunungan sepanjang 1.500 mil yang dikenal sebagai Himalaya. Pergerakan antar lempeng masih terus terjadi hingga kini, jarak pergeseran berkisar beberapa inci setiap tahun.

Sejumlah ilmuwan menduga, dampak tektonik dengan lempeng Eurasia mungkin yang menyebabkan pegunungan Himalaya terus meninggi. Rata-rata terjadi pengangkatan tanah sekitar 10 mm setiap tahunnya. Besaran tinggi juga bisa bertambah secara tiba-tiba karena perubahan lempeng di bumi atau gempa. Namun untuk gempa, itu tergantung pada bagaimana tanah di sekitar gunung mengalami pergerakan.

Gunung Everest adalah gunung yang bagian puncaknya mencapai jarak paling jauh dari paras lautan. Dua gunung lain yang sering disandingkan sebagai gunung tertinggi di dunia yaitu Mauna Loa di Hawaii (4.170 mdpl) dan Chimborazo di Ekuador (6.272 mdpl). Gunung Everest bahkan punya jarak yang lebih panjang 1,6 km dari Challnger Deep di Palung Mariana. []

SUMBER: PHINEMO



Source link

SebelumnyaKeutamaan Surah Al Mulk yang Mungkin Belum Kamu Ketahui SesudahnyaAyah, Kenapa Kita Harus Menjaga Sholat Berjemaah di Masjid?

Berita Lainnya

0 Komentar