Dikenal Rupawan, Nabi Muhammad SAW Senantiasa Bersih dan Wangi
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Dikenal Rupawan, Nabi Muhammad SAW Senantiasa Bersih dan Wangi

Terbit 23 November 2020 | Oleh : Admin | Kategori : Hadits / nabi muhammad / Penampilan / Rasulullah SAW / Sirah / wangi


NABI Muhammad SAW diriwayatkan sebagi sosok manusia mulia yang tak hanya memiiki keindahan akhlak tapi juga rupawan dari segi fisiknya. Ketampanan dan gagahnya Rasulullah SAW diriwayatkan dalam hadis.

Menurut hadis muttafaq’alaih, Rasulullah SAW adalah manusia yang paling bagus wajahnya dan paling ideal posturnya. Beliau tidak terlalu pendek pun tidak terlalu tinggi. Sementara menurut hadis riwayat Muslim, Nabi SAW memiliki kulit yang bersih dan tampan serta memiliki wajah bulat telur dan bercahaya bagaikan matahari dan bulan.

“Bertubuh sedang dan bahu yang bidang, berjanggut lebat, ada semburat merah merona pada diri beliau, rambutnya terjurai hingga kedua telinganya. Pernah aku melihat beliau memakai pakaian merah dan tidak pernah kulihat manusia sebagus beliau.” (HR Bukhari)

BACA JUGA: Hanya Menatap Wajah Nabi, Yahudi Ini Putuskan Masuk Islam

Selain rupawan, Rasulullah juga memiliki wangi tubuh yang harum. Dalam buku “115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah SAW”, Fuad Abdurahman menjelaskan bahwa Rasulullah SAW menyukai wangi-wangian dan menjaga diri dari bau tak sedap.

Rasulullah SAW diriwayatkan memakai wangi-wangian ketika berihram dan membolehkannya hingga sebelum tawaf di Al-Bait. Tentang hal ini, Aisyah meriwayatkannya.

كنتُ أطَيِّبُ رسولَ اللهِ صلَّى الله عليه وسَلَّم لإحرامِه قبل أن يُحْرِمَ، ولِحِلِّه قبل أن يَطوفَ بالبَيْتِ

“Aku mengusap Rasulullah dengan parfum terbaik yang kudapatkan. Aku melihat beliau lebih tampan dari sebelumnya. Minyak menjadikan rambut dan janggutnya mengilat, dan saat itu sedang berihram.”

Selain itu, Rasulullah juga menggunakan serban tebal yang diolesi za’faran. Hanya beliau satu-satunya yang memakai serban jenis itu di antara sekian banyak jamaah yang mendirikan sholat bersamanya.

Jadi, Rasulullah sangat memperhatikan penampilan dan kebersihan dirinya.

ما شممت شيئًا قط، مسكًا ولا عنبرًا، أطيب من ريح رسول الله

“Aku tidak pernah mencium wangi yang lebih harum daripada wewangian yang dipakai Nabi,” demikian keterangan Anas bin Malik dalam sebuah riwayat.

Selain menggunakan serban, Rasulullah juga suka menyisir rambut dan janggutnya, serta menggunakan minyak rambut. Pada waktu-waktu tertentu, beliau juga menggunakan hinnah/henna (pewarna rambut) pada kepala beliau.

BACA JUGA: Zaid Ingin Pandangan Terakhirnya adalah Wajah Nabi

Sedangkan baju yang beliau miliki kebanyakan berwarna putih. Karena, Rasulullah SAW sangat menyukai warna putih.

Ketika bangun malam, Rasulullah SAW juga membersihkan mulutnya dengan siwak. Beliau selalu menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan siwak. Beliau bahkan pernah bersabda:

لَوْلا أَنْ أَشُقَّ عَلى أُمَّتي أَوْ عَلى النَّاسِ لأمرْتُهُمْ بِالسِّواكِ معَ كلِّ صلاةٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali hendak sholat.” []

Referensi: 115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah SAW/Karya: Fuad Abdurahman/Penerbit: Noura Books/Tahun: 2016



Source link

SebelumnyaIslam Tegakkan Hak-hak Manusia (2-Habis) SesudahnyaWah, Uniknya Perceraian di Kerajaan Maroko – Islampos

Berita Lainnya

0 Komentar